4 Cara Augmented Reality Meningkatkan Perusahaan IT

Bagian dari janji pembuatan augmented reality adalah untuk perusahaan IT, dimana dengan hadirnya teknologi AR (augmented reality) membawa percepatan kenaikan teknologi pada setiap perusahaan IT. Augmented reality atau AR akan digunakan sekitar 30 persen perusahaan besar dan 25 persen teknisi layanan lapangan pada tahun 2020. Menurut penelitian oleh Gartner dan IDC, secara keseluruhan pasar untuk AR (augmented reality) diperkirakan akan mencapai $ 547 milliar pada tahun 2024.

augmented reality

Maka hal tersebut akan membuktikan dimana dunia nyata dan digital akan bergabung. Namun dari segi perangkat AR (augmented reality) seperti headshet dan kacamata pintar terus ditingkatkan dan mulai mencari banyak manfaat untuk manusia.

Setelah mengetahui informasi diatas, berikut ini ada cara perangkat AR (augmented reality) ini akan meningkatkan perusahaan IT.

1. Meningkatkan Visualisasi Data

augmented reality

Mobil terbang mungkin belum ada dan terjadi di dunia ini, hanya baru terjadi di dunia games yaitu GTA 5 anda bisa temuka pada Playstation 3 dan 4 serta versi PC. Tapi karna dashbor digital 3D telah berhenti dan menjadi fiksi ilmiah, maka sekarang dapat ditemukan di perusahaan.

Organisasi dapat menggunakan alat AR (augmented reality) seperti Power BI untuk mixed reality, dengan data holografis dalam konteks dunia nyata. Pernyataan dari James Hoshor, ahli strategi ponsel dan perusahaan pengembangan propelic. Sama halnya seperti Tony Starks dalam film ironman, teknologi ini dapat melihat 360 derajat dari data, dashbor dan laporan dari lingkungan dunia nyata dan digital.

Kemampuan untuk menghasilkan data secara special dengan AR (augmented reality) adalah tambahan alami dari trend big data, dimana teknologi big data dapat lebih mudah memahami penyimpanan data mereka.

2. Memberikan Data Real-Time di Lapangan

augmented reality

Seperti contoh di ruang server dapat diaplikasikan, AR (augmented reality) dapat membantu bisnis dan perusahaan IT dengan layanan di lapangan. Karna dapat memberi label peralatan dan mengirimkan data yang tepat di lapangan. Bisa dibilang ini adalah salah satu cara aplikasi paling cepat dalam suatu perusahaan.

Ada banyak kasus penggunaan sudah membawa manfaat pada teknologi AR, menurut  Mark Sage yaitu direktur eksekutif Augmented Reality untuk Enterprise Alliance, mengatakan sebuah nirlaba yang mempromosikan introperabilitas diantara solusi perusahaan. Karna dapat menyatukan dan menampilkan banyak sumber data. Hal itu akan memudahkan dalam pengambilan keputusan yang tepat.

3. Memberikan Bantuan Jarak Jauh Dengan Mudah

augmented reality

Kemampuan untuk melapisi informasi dengan teknologi AR juga membuka usaha bantuan jarak jauh yang lebih efektif. Organisasi Hoshor, melihat peningkatan produktivitas dengan teknisi layanan perangkat keras menggunakan kacamata AR atau hololens. Misalkan, dengan kamera internal, sumber daya dukungan jarak jauh dapat melihat apa yang dikerjakan teknisi secara langsung juga membantu kebutuhannya.

Hoshor mengatakan, bahwa teknisi senior dapat menandai feed video dengan pena dan itu akan muncul di kacamata holografik teknisi lapangan secara real-time, seperti versi 3D dari apa yang dilakukan komentator NFL selama pertandingan sepak bola. Itu juga dapat meningkatkan bantuan jarak jauh dan memungkinkan para ahli untuk lebih mudah membantu teknisi junior dan karyawan baru.

4. Meningkatkan Pelatihan Karyawan

augmented reality

Cara keempat teknologi AR (augmented reality) dapat meningkatkan perusahan IT adalah dengan memfasilitasi pelatihan teknis yang lebih baik dan lebih mendalami teknis. Pelatihan karyawan dapat menjadi lebih efektif karena AR (augmented reality) memungkinkan karyawan untuk belajar lebih cepat dan mengambil manfaat dari umpan balik waktu dunia nyata.

Tidak peduli materi yang diajarkan, AR adalah alat pelatihan yang sangat kuat. Perusahaan IT pasti dapat menggunakan untuk mendidik karyawan teknisi lapangannya untuk bisa cepat menyelesaikan pekerjaannya.

Berikut tadi adalah pemanfaatan data secara nyata yang dilakukan oleh teknologi AR (augmented reality). Dan tidak hanya sampai disini, pasti produsen AR akan terus mengembangkan fitur dan manfaatnya bagi perusahaan atau siapa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *