Jenis Marker

Augmented reality(AR) agar dapat menyajikan informasi dengan benar ke dalam dunia nyata membutuhkan sebuah pendeteksian marker. Sistem perlu tahu dimana penggunanya dan apa yang pengguna cari. Biasanya, pengguna mengeksplorasi lingkungan melalui layar yang menggambarkan gambar dari kamera bersama dengan informasi yang dimunculkan. Jadi dalam hal ini, sistem perlu menentukan lokasi dan orientasi kamera lewat kaliberasi kamera, kemudian mampu memunculkan benda – benda virtual tepat ditempat yang benar.

Berikut adalah beberapa contoh jenis marker :

Marker Frame techniques_frame     :Kekuatan pelacakan penandaan marker sebagian besar terletak pada bingkai hitam yang terlihat seperti gambar disamping. Didalam binkai hitam tersebut dapat diisi dengan sesuatu gambar dan itu tidak akan mengganggu pendeteksian markernya.

 

 

techniques_splitMarker Split :Pada split marker pendeteksian terletak pada dua barcode yang terpisah atas dan bawah, yang selanjutnya mengurangi wilayah jarak barcode tersebut untuk mendefinisikan area marker.

 

 

 

techniques_gridMarker Dot :Menggunakan sebuah titik titik hitam yang berfungsi sebagai titik acuan untuk pelacakan marker.

 

 

 

Marker DataMatrix (ISO/IEC16022) :
DataMatrix adalah stechniques_datamatrixebuah standar ISO untuk 2D barcode. Studierstube Tracker mendukung penanda dengan pola DataMatrix tertanam. Oleh karena itu, marker dapat menyimpan sejumlah besar biner (misalnya model 3D sederhana) atau teks (misalnya URL) data.

 

ID markers  (simple-id and BCH) :
techniques_simpleid

 

 

 

Markers Template  (contoh : ARToolkit) :

HIRO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *