Contoh Augmented Reality

Apakah Augmented Reality, Kenali Lebih Dekat

Apakah Augmented Reality ? Contoh salah satunya adalah Game Pokemon Go. Namun tahukah Anda, selain ada di permainan, perkembangan Augmented Reality apa saja yang sudah diterapkan di Indonesia ?

Dari berjalan hingga berlari, melalui kamera ponsel, raut wajah berubah senang ketika mendapatkan pokemon di depan mereka. Pokemon Go adalah contoh Augmented Reality yang booming di tahun 2016. Berkat game ini, teknologi Augmented Realty (AR) semakin dikenal masyarakat umum. Berkat Pokemon Go juga, anggapan bahwa teknologi Augmented Reality adalah sebuah konten game yang masih melekat di sebagian besar masyarakat hingga saat ini. Padahal, teknologi Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, bahkan beberapa diantaranya sudah melekat dan menjadi kebutuhan utama di bidang tersebut.

Apakah Augmented Reality

Augmented Reality adalah perangkat yang dapat menampilkan objek digital buatan yang dapat dilihat melalui kamera ponsel atau perangkat lainnya, hal ini membuat teknologi ini diterapkan untuk tujuan perencanaan, promosi, dan edukasi. Berikut contoh Augmented Reality telah digunakan dalam masyarakat bisnis:

Bidang Arsitektur : iStaging

iStaging dapat membantu tiga tipe orang. Pertama, untuk Anda yang ingin mendekorasi rumah tanpa harus membeli barangnya terlebih dahulu. Kedua, untuk Anda yang bekerja sebagai arsitek dan ingin melakukan perencanaan dekorasi atau desain interior suatu bangunan. Terakhir, jika Anda seorang pengembang property yang ingin menunjukan maket bangunan atau contoh desain interior property kepada klien.

iStaging dapat menampilkan desain 3D interior suatu bangunan seperti furnitur, bangunan maket dan lain lain. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk membantu perencanaan dan menghemat biaya produksi dari bidang desain interior maupun arsitektur ya. Tak heran, banyak bisnis berlomba-lomba mengembangkan produknya dan perusahaannya dengan Augmented Reality.

Baca Juga : Aplikasi Augmented Reality Terbaik di iOS

Bidang Edukasi : Star Walk

Anda tidak perlu menjadi seorang astronot atau ahli astronomi untuk mengagumi tata surya dibawah.

Aplikasi Star Walk memungkinkan Anda untuk mengamati bintang dan planet, langsung dari posisi yang di lihat. Cukup unduh aplikasi ini dan arahkan kamera ponsel kearah langit-langit bintang. Nikmatilah pengalaman dan ilmu baru tentang tata surya langsung dari tempat Anda berada.

Bidang Edukasi : Layar

Bukan, ini bukan benda yang sedang Anda lihat sekarang. Layar adalah nama aplikasi Augmented Reality yang dapat membantu menemukan informasi detail secara tepat dan real. Penggunaan aplikasi Layar dapat digunakan pada poster, katalog, atau majalah.

Dan penggunaan Augmented Reality diprediksi akan terus berkembang menguntungkan bidang-bidang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *