Aplikasi AR Mengontrol SmartHome

Saat ini teknologi yang sedang berkembang besar salah satunya adalah Augmented Reality, tidak hanya itu sebelumnya ada teknologi Smart Home, atau biasa disebut dengan rumah pintar. Kedua pasar teknologi ini sedang meluas di negara – negara besar. Dan saat ini, kedua teknologi tersebut yaitu AR dan rumah pintar akan bekerja sama, tentunya Anda akan dapat mengontrol rumah pintar dengan aplikasi AR. Dan dinamakan dengan Smart AR Home.

Smart AR Home dirilis oleh Binary Banana LLC pada bulan April tahun lalu. Aplikasi AR ini bekerja dengan jalur teknologi pintar seperti Samsung, SmartThings dan saat ini sedang mengembangkan Hue, garis lampu pintar oleh Philips.

Aplikasi AR dapat menjaga semua lokasi perangkat terkait dengan titik sinkronisasi, yaitu dapat menampilkan gambar datar di dinding Anda. Smart AR Home bekerja dengan membuat kontrol Augmented Reality untuk perangkat rumah pintar yang kompatibel. Dengan mengarahkan semua perangkat seluler ke peralatan yang ada di rumah pintar. Tidak hanya aplikasi saja, rumah pintar ini dapat terhubung dengan kontrol suara. Pengembang Smart AR Home mengatakan bahwa sistem ini lebih unggul karna maksimalnya perangkat yang lebih mudah penggunannya.

Misalkan, lebih mudah untuk menghidupkan lampu dengan kecerahan sesuai yang diinginkan, cukup menggeser jari Anda di aplikasi Smart AR Home. Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan kontrol suara, kekurangan kontrol suara yaitu ketika Anda mengalami sakit pada area mulut, sehingga membuat Anda tidak sempurna mengucapkan kata – kata untuk melakukan perintah kepada Smart AR Home. Aplikasi AR ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Aplikasi AR ini dikembangkan di Massachusetts Institute of Tehcnology, menggunakan rumusan logika algoritma yang berinteraksi dengan sinyal listrik dan dilepaskan oleh perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh. Namun sayangnya, aplikasi AR ini hanya baru tersedia di perangkat iOS.

Baca Juga : Aplikasi Augmented Reality Terbaik di iOS

Berharap dengan Hayo

Hayo adalah pusat teknologi pintar yang dikendalikan melalui aplikasi AR, yang memungkinkan Anda membuat kontrol gerakan sendiri untuk perangkat di sekitar. Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat melihat kontrol ketika memulai gerakan. Nantinya Hayo akan menyempurnakan aplikasi AR.

Aplikasi yang menggoda dalam video ini terlihat seperti campuran antara Hayo dan Smart AR Home, di mana kontrol augmented reality ditugaskan ke berbagai perangkat dan dikendalikan melalui gerakan. Perbedaan utama adalah bahwa gerakan akan diambil oleh HoloLens alih-alih sensor gerak seperti di Hayo atau dilakukan pada permukaan seperti di Smart AR Home.

Belum ada yang seperti ini, tetapi beberapa gambar di situs web HoloLens menunjukkan bahwa pengembang perangkat keras mengharapkan AR yang serupa, atau lebih tepatnya realitas campuran, aplikasi untuk segera keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *