Aplikasi Meditasi AR Menyelamatkan Para Veteran Dari Trauma Pasca Perang

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang membawa dunia virtual untuk tampil dalam dunia nyata secara real time yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Selain memberikan pengalaman yang baru dan berbeda, AR dapat bermanfaat dalam berbagai bidang salah satunya adalah untuk meditasi. Kini telah hadir aplikasi meditasi AR bernama Healium AR dengan tujuan untuk menyelamatkan para veteran dari trauma pasca perang.

Healium AR adalah aplikasi pintar neurofeedback yang memonitor aktivitas otak pengguna dan menciptakan visualisasi Real-Time dari kondisi mental saat ini. Untuk dapat melakukan tugasnya tentu aplikasi ini tidak bekerja sendiri, Healium AR digunakan bersamaan dengan Apple Watch yang menggunakan pelacak detak jantung bawaan untuk memantau kondisi pengguna dengan lebih akurat. 

Aplikasi Meditasi AR
Image Source : apple

Baca juga: 5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Akan Menyelamatkan Banyak Jiwa

Metrik ini kemudian digunakan untuk menghasilkan berbagai permainan naratif dan tantangan yang interaktif di mana kesuksesan pengguna didasarkan sepenuhnya pada kemampuan untuk mengeluarkan getaran positif. Nantinya pengguna diharuskan untuk mengendalikan pernafasan dan membantu kupu-kupu keluar dari kepompong. Sementara tugas lainnya adalah harus menurunkan detak jantung untuk menerangi planet besar dalam game.

Sejauh ini aplikasi tersebut telah terbukti sangat berguna bagi para veteran yang menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) atau gangguan stres pascatrauma sebagai akibat dari pertempuran di medan perang. 

healium AR
Image Source : patentlyapple

Contoh pengguna yang sudah mencoba aplikasi ini adalah Steve Mills, yang merupakan komandan di Angkatan Laut AS, dia telah menggunakan aplikasi ini 3-4 kali seminggu di tempat favoritnya di dekat Sungai Mississippi di Memphis, Tennessee, menggunakan Apple Watch-nya untuk melacak detak jantungnya dan Dia juga mencoba untuk menerangi sistem tata surya AR melalui napasnya.

“Kadang-kadang saya berjalan ke tepi sungai di sini dan duduk di bangku dan melihat air,” Ujar Mills.

“Dan menggunakan Healium AR ini telah menempatkanku dalam kondisi pikiran yang sangat baik. Hal ini kumulatif dan akan terus menumpuk dari waktu ke waktu, tetapi Anda harus belajar bagaimana menghadapinya. Saya punya beberapa outlet. Healium AR adalah salah satunya. Saya tidak takut dengan ingatan itu. Tetapi saya harus mengendalikan mereka. “

Image Source : twitter

Healium AR sebagai aplikasi meditasi AR saat ini tersedia untuk perangkat iOS yang kompatibel. Penggunaanya cukup mudah untuk memantau detak jantung Anda, pasangkan aplikasi dengan Apple Watch atau ikat kepala penginderaan otak Muse yang kompatibel .

Inilah salah satu bukti dari teknologi AR yang memiliki peran dalam membantu manusia dan bahkan bisa menyelamatkan jiwa manusia. Tak dapat dipungkiri AR akan terus semakin berkembang di masa depan dan memberikan lebih banyak manfaat bagi seluruh makhluk hidup di bumi ini. 

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *