Aplikasi VR dan AR di Dunia Nyata

Teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) menjadi teknologi yang selalu berkembang setiap tahunnya, dan mulai ramai di perbincangkan di indonesia sekitar tahun 2017. Namun ternyata ada sebagian masyarakat Indonesia belum tahu tentang apa itu AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).

Perbedaan kedua teknologi ini adalah VR dapat mensimulasikan lingkungan atau situasi yang dihasilkan dari computer dan membuat pengguna seolah – olah dapat melihat, dan mendengar apapun yang terjadi di lingkungan buatan. Untuk merasakan teknologi ini umumnya diperlukan perangkat khusus yang disebut VR box, contoh merk yang memproduksi VR seperti, Oculus Rift, Samsung Gear VR, Google Karton dan banyak merk lainnya.

tidak hanya VR (Virtual Reality) yang menggantikan tampilan keseluruhan pengguna ke lingkungan buatan hasil dari simulasi komputer. Ada juga AR (Augmented Reality) dimana teknologi ini dapat menghasilkan lapisan digital ke lingkungan nyata dan dilihat oleh pengguna secara real-time. Untuk merasakan teknologi ini, pengguna sudah bisa menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, bisa juga perangkat khusus seperti VR.

Kita tidak akan mengerti hanya dengan mendengar secara teori saja, sedangkan tidak melakukan langsung aplikasinya seperti apa, kali ini juga kami akan memberikan informasi mengenai aplikasi AR (augmented reality) yang digunakan pada dunia nyata.

Pemasaran Produk

Pada dunia pemasaran modern, beberapa perusahaan mulai menerapkan teknologi AR untuk meningkatkan interaksi konsumen dengan produk yang mereka pasarkan. Contoh salah satunya yaitu IKEA, perusahaan bidang furniture terkenal asal Swedia. IKEA sudah menggunakan teknologi AR, sehingga mereka dapat mencoba langsung dan menempatkan produk – produk IKEA di tempat  yang mereka inginkan, atau sudut lainnya.

Permainan

Pada tahun 2016 lalu, ada game mobile berbasis teknologi Augmented Reality. Game dengan konsep unik ini berhasil menarik banyak orang untuk memainkannya, terbukti dengan pendapatan mereka di tahun 2018 yang mencapai 1.8 milliar USD. Game tersebut adalah Pokemon Go yang dikeluarkan oleh Niantic.

Hiburan

Teknologi AR juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan, salah satunya adalah fitur efek AR. Namun ini hanya terdapat pada aplikasi kamera smartphone merk Sony saja. Dengan fitur tersebut pengguna dapat melihat objek AR seperti dinosaurus, kurcaci, ikan dan lainnya. Ini cukup menjadi alternatif hiburan yang menarik ketika bosan.

Baca Juga Sejarah Teknologi AR

Pendidikan

Manfaat penerapan teknologi AR bidang Pendidikan yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa – siswi tentang materi yang mereka pelajari di sekolah. Karena teknologi ini, siswa – siswi dapat berinteraksi secara langsung dengan objek yang mereka pelajari secara visual.

Jika diuraikan lebih lanjut, sepertinya masih banyak penggunaan teknologi AR untuk bidang lainnnya, namun tidak bisa dirincikan satu per satu. Jika anda penasaran dengan teknologi AR, anda dapat mencoba sendiri dengan memasang aplikasi di smartphone anda dan sudah tersedia di Google Play Store (android) atau App Store (iOS).

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *