AR dan VR Logistik: Solusi Tingkatkan Efisiensi dan Kecepatan Kerja Jasa Kurir

AR dan VR memang bukan teknologi yang terkait langsung dengan industri pengiriman dan logistik. Namun teknologi tersebut dapat secara signifikan meningkatkan pekerja gudang dan efisiensi rantai pasokan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa perusahaan logistik yang berinvestasi di AR dan VR meningkat, dari 25% menjadi 34%. Bagaimana cara AR dan VR logistik ini bisa meningkatkan efisiensi dan kecepatan kerja jasa kurir?

Menjamin Keselamatan dan Keamanan Pekerja

Bekerja di gudang bisa melelahkan, terlebih dengan pesatnya perkembangan e-commerce. Kelelahan ini bisa saja mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian. Selain itu, kelelahan pekerja mengakibatkan produktivitas berkurang dan berdampak pada finansial.

Penggunaan teknologi VR dan AR bisa membantu pekerja untuk melacak jumlah rumah pengantaran paket hingga waktu istirahat. Dengan berbagai pengembangan, manajemen perusahaan bisa memantau batas kelelahan setiap pekerja sehingga bisa mengoptimalkan jadwal pekerja.

Memenuhi Pesanan Lebih Cepat

Gudang pesanan e-commerce raksasa, seperti Amazon bisa sangat besar, sehingga menyulitkan karyawan untuk mengontrol semua barang. Pencarian barang pesanan bisa memakan waktu sangat lama dan mengakibatkan penundaan pengiriman yang signifikan.

Baca juga: Geliat VR di Indonesia, Bantu Bisnis Tumbuh Lebih Cepat

Dengan menggunakan teknologi AR, berbagai stok barang dalam gudang terus diperbarui dan tersusun rapi. Jadi penggunaan AR memungkinkan perusahaan untuk mengefisienkan waktu kerja.

Membantu Dalam Proses Pengiriman

Proses pengiriman barang dilakukan dengan memuat barang ke kendaraan, kemudian mengirim dari satu lokasi ke lokasi lain hingga semuanya sampai tujuan. Melalui teknologi AR, lokasi pengemudi dapat dilacak dan memberikan rute terbaik, berat kargo, dan berbagai info berguna lainnya yang membuat pengiriman lebih efisien.

Langkah terakhir dari pengiriman barang adalah mengantar barang ke rumah konsumen. Namun terkadang masih saja ada kendala di proses terakhir ini. Penerapan teknologi AR dan VR di bidang logistik dapat mengatasi permasalahan tersebut. Perusahaan jasa kurir Anda dapat membuat realitas virtual khusus yang bisa membantu pengemudi belajar cara terbaik memuat barang agar semuanya sesuai dan didistribusikan secara merata.

Pengemudi juga dapat menggunakan kacamata AR untuk memandunya memilih rute pengiriman terbaik dan paling aman.

Solusi AR/VR Untuk Jasa Kurir di Indonesia

Untuk menjamin solusi teknologi terbaik bagi, dibutuhkan partner teknologi berpengalaman yang dapat menjawab segala kebutuhan, dengan teknologi yang dirancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda. MonsterAR adalah perusahaan teknologi dengan pengalaman hampir 10 tahun, telah melayani beragam usaha kecil, brand terkemuka hingga project pemerintahan.

Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *