AR Solusi Perawatan Pesawat Terbang

Sebelum lepas landas, pesawat pastinya akan diperiksa keamanannya dan dibersihkan telebih dahulu oleh petugas. Cara Itu sudah menjadi prosedur dan syarat pesawat untuk bisa terbang. Namun diluar sana, masih banyak saja terjadi kecelakaan pesawat. Adanya penyebab tersebut, perusahaan AR Hongaria ingin membantu mengurangi angka besarnya kecelakaan pesawat. Dengan menghadirkan solusi dan berjanji dapat mempercepat dan meningkatkan akurasi pada pemeriksaan pesawat.

Augmented Reality Untuk Masalah Kehidupan Nyata

Perusahaan AerinX baru – baru ini mengumumkan kolaborasi strategis dengan salah satu perusahaan pemeliharaan, perbaikan dan operasi terbesar di wilayah CEE. Aeroplex dari Central Europe Ltd dan AerinX akan bekerja sama untuk mengimplementasikan solusi Augmented Reality dalam berbagai proses perawatan dan pemeliharaan pesawat.

Solusi ini tentunya akan membantu tim perbaikan dan pemeliharaan dalam melakukan pemeriksaan, mulai dari permukaan sampai bagian terpenting setiap pesawat. Pastinya lebih cepat dan presisi yang lebih besar.

Karna yang terjadi saat ini, proses perawatan pesawat dilakukan dengan visual mekanik, yaitu menggunkan penggaris untuk mengukur kerusakan dan spidol untuk menandai area masalah. Tentunya proses tersebut terbilang lama dan tidak dapat diandalkan, akhirnya AerinX ingin mengubahnya dengan teknologi AR.

Baca Juga : Balapan Drone dengan AR

Selain dapat menigkatkan akurasi, solusi AR juga akan mengurangi waktu inspeksi pesawat. ini sangat penting bagi situasi darurat AOG (pesawat di darat). Jenis inspeksi ini biasanya memakan waktu antara 90 sampai 120 menit. AerinX menyatakan bahwa solusi Augmented Reality akan mengurangi waktu perbaikan menjadi hanya 20 menit.  

Jika terbukti, penerapan teknologi AR akan membawa banyak manfaat bagi industri penerbangan. Operator penerbangan akan menghemat ribuan dollar dalam biaya perawatan. Tidak hanya itu saja, ketika teknologi AR dapat diandalkan, tentunya hal ini akan berdampak baik bagi reputasi setiap maskapai penerbangan yang menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *