Augmented Reality pada Anak, Ketahui Dampaknya Sebelum Terlambat

Augmented Reality pada anak menjadi perhatian yang harus di waspadai. Saat ini semakin banyak teknologi berkembang di Indonesia, khususnya pada dunia video game. Teknologi itu adalah Augmented Reality, biasa disebut AR. Teknologi itu merupakan teknologi yang menggabungkan dunia maya 2D dan 3D ke sebuah lingkungan dunia nyata berupa 3 dimensi. Tidak seperti Virtual Reality atau VR, realitas di dunia maya yang sepenuhnya menggantikan dunia nyata.

Dampak Augmented Reality pada Anak

Saat ini sudah banyak sekali game jenis AR, dan yang paling populer adalah Pokemon Go. Dengan teknologi Augmented Reality dapat memunculkan karakter hologram yang tampak menyatu dengan dunia nyata.

Jake Richardson menyatakan di situs BigThink tentang munculnya perdebatan, apakah teknologi AR berdampak negatif pada anak – anak dan remaja. Karna mereka pastinya akan berada sangat lama di depan layar komputer.

Efek Positif dan Negatif AR pada Anak

Augmented Reality Anak

Efek positifnya adalah bahwa anak – anak yang pandai menggunakan AR akan mendapatkan keuntungan ketika mereka tumbuh dewasa dan bekerja. Biasanya, otak dan mental mereka akan berpikir lebih maju pada dunia teknologi. Apalagi, generasi saat ini memang berubah sangat cepat, dan tidak dapat disangka – sangka.

Menurut Jake, sebagian besar melaporkan bahwa AR untuk pendidikan mengarahkan pada pembelajaran yang lebih baik, efisien dan mendorong motivasi belajar. Karna konten dari AR ini memasukkan konten visual grafis yang asli dan dapat berinteraksi secara real-time.

Selain efek positif, AR memilki dampak negatif, terutama jika anak melakukannnya tanpa pengawasan dan berlebihan. Dampak negatif Augmented Reality pada anak salah satunya membuat anak menjadi malas melakukan aktivitas sehari – hari. Bermain AR juga dapat menimbulkan kecanduan.

Penting Dibaca : Aplikasi AR Mengontrol SmartHome

Memang penggunannya mudah, dengan tab dan smartphone lalu diberikan ke anak, dan anak menjadi senang. Tapi orang tua harus memberikan pengawasan yang tepat, batasi anak Anda bermain gadget. Apalagi ketika pengguaan yang berlebihan, akan menyebabkan anak menjadi kurang tidur dan mudah lelah.

Karna faktanya kecanduan bermain game bisa mengganggu aktivitas yang lain seperti belajar. Untuk itu awasi dan perhatikan anak Anda ketika bermain gadget dan AR.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *