VR Fencing Trainer: Cara Terbaik dan Aman Berlatih Ilmu Pedang

Teknologi VR saat ini juga bisa digunakan untuk berlatih anggar. Menggunakan teknologi itu, bahkan Anda bisa mempelajari anggar seperti dilatih oleh pelatih profesional. VR untuk berlatih ilmu pedang ini dikembangkan oleh sebuah Studio VR ternama di Rusia dan diberi judul Fencer.

Melalui VR, Pelatih anggar VR akan hadir dan membantu pemain baru mempelajari olahraga anggar. Fencer bahkan disesuaikan dengan aturan dan kebiasaan Federasi Anggar Internasional, yang merupakan badan pengelola anggar Olimpiade.

Fencer memanfaatkan headset Oculus Quest, dengan salah satu pengontrolnya terpasang pada pedang anggar. Aplikasi tersebut memandu pengguna melalui serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk melatih reaksi dan kewaspadaan. Selain itu, ada juga latihan untuk melatih strategi menyerang maupun bertahan.

Biasanya, pengguna menggunakan pedang anggar sungguhan yang berat. Menggunakan aplikasi ini, Anda akan merasa seperti dalam duel anggar sungguhan. Karena pedang anggar pengontrol VR dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki sensasi dan berat layaknya pedang anggar yang sesungguhnya. Studio mengatakan bahwa memori otot dan keterampilan motorik bisa terbentuk melalui Fencer.

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Memang tidak mudah untuk belajar menangkis secara virtual, karena tidak ada pedang lawan yang menyerang pemain. Anda tidak bisa secara langsung untuk melatih akurasi serangan, penempatan pedang, menghindar, dan beberapa keterampilan lain yang penting untuk olahraga anggar.

Kit Fencer dibanderol dengan harga 2.000 Euro. Satu set alat ini mencakup headset, sword controller mount, dan lisensi aplikasi. Penggunaan kit Fencer ini lebih ditargetkan untuk gym anggar dibandingkan dengan penggunaan secara individu. Studio juga sudah meluncurkan kit ini sejak beberapa bulan lalu.

Namun sayangnya, versi aplikasi BYOS yang memungkinkan Anda membawa pedang Anda sendiri tidak tersedia untuk konsumen. Meski demikian, alat ini bukan hanya untuk membantu pemain berlatih, namun bisa menjadi cara cerdas untuk menarik orang-orang agar mencoba menyukai olahraga anggar.

Kalau Anda ingin bisa bermain pedang namun tidak memiliki pelatih profesional, Anda bisa mencoba berlatih ilmu pedang menggunakan Fencer ini. Selamat mencoba ya.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *