Cara Kerja Augmented Reality

Cara kerja Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Cara kerja Augmented Reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Teknologi Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan terobosan  dibidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi ini kita dapat membuat segala hal yang abstrack atau virtual bisa kelihatan nyata atau real.

Teknologi AR sendiri telah dikembangkan dalam berbagai hal, dalam pemanfaatanya teknologi  ini dapat digunakan dalam hal:

  1. Augmented Reality Interactive Games
  2. Augmented Reality Presentation
  3. Augmented Reality Event
  4. Augmented Reality High Tech Environment
  5. Augmented Reality Website
  6. Augmented Reality Promotion

Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur yang mempunyai risiko besar dan membutuhkan tambahan benda-benda semu yang meniru benda-benda nyata sebelum diimplementasikan. Contohnya, pada pemeriksaan sebelum operasi seperti CT Scan atau MRI yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar tersebut, kemudian pembedahan direncanakan. AR dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung.

Perangkat umumnya Augmented Reality membutuhkan alat masukkan (input device) seperti kamera atau webcam, alat keluaran (output device) seperti monitor atau Head Mounted Display (HMD), alat pelacak (tracker) agar benda maya tambahan berupa penanda (marker) yang dihasilkan berjalan secara real-time atau mungkin interaktif walaupun benda nyata yang menjadi induknya digeser-geser, dan komputer untuk menjalankan program AR.

Cara kerja Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya adalah kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah. Sehingga tidak seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality merebak secara cepat diberbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh pendahulunya tersebut.

Baca Juga : Fitur AR Google Uji Coba di Google Maps

Kelebihan lain dari Cara Kerja Augmented Reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone, console game, dalam bingkisan sebuah produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah atau koran.

Salah satu kesulitan utama dalam mengembangkan aplikasi Augmented Reality adalah masalah pelacakan sudut pandang pengguna. Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu di mana pengguna mencari di dunia nyata.

Sampai saat ini teknologi augmented reality akan terus dikembangkan untuk manusia. Cara kerja Augmented Reality diatas menghasilkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk kita. Berikut dibawah ini adalah aplikasi dari augmented reality yang kamu bisa coba.

1. Ikea Place, Aplikasi AR Furniture

Cara kerja Augmented Reality

Raksasa furnitur IKEA pernah bereksperimen di masa lalu dengan AR dalam aplikasi katalognya, tetapi aplikasi IKEA Place yang terbaru merupakan perbaikannya yang nyata, memanfaatkan ARKit untuk membantu pengguna memvisualisasikan dengan mudah bagaimana berbagai desain furnitur IKEA akan terlihat di rumahmu. Pengguna memindai denah lantai mereka dengan ponsel mereka, lalu kamu dapat memilih desain furnitur dan drag and drop ke tempatnya menggunakan smartphonemu sebagai jendela bidik. Hingga saat ini, IKEA place merupakan aplikasi AR terbaik dalam ranah furniture.

Baca Juga : Penerapan Augmented Reality IKEA Place

Downliad Ikea Place

2. Google Translate (Android, iOS)

Google Translate (Android, iOS) telah menjadi alat terjemahan teks dan audio yang praktis, dan menjadi lebih baik lagi dengan fitur real-time translatenya. Yang perlu kamu lakukan adalah memegang kamera smartphonemu dan fokus pada teks, dan Google Translate akan menyediakan terjemahan kata dan frasa real-time dari berbagai bahasa. Pengguna dapat mengunduh paket bahasa, memungkinkan untuk memilih terjemahan offline ketika jauh dari jaringan internet.

Download Google Translate

3. Layar

Layar menjembatani dunia nyata dan dunia digital. Layar ini adalah aplikasi Augmented Reality yang memudahkan kita untuk mencari konten dari berbagai media di sekitar kita, seperti majalah, koran, ataupun poster. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera smartphone pada sebuah objek yang nantinya akan muncul konten hidup dan memberikan informasi secara spesifik. Seperti katalog belanja, poster film dengan trailer dan informasi kapan tayang, dan Geo Layers membantu kamu untuk menemukan tempat-tempat penting seperti ATM, restoran, lokasi bersejarah, atau apapun yang menarik di dekatnya.

ra smartphone pada sebuah objek yang nantinya akan muncul konten hidup dan memberikan informasi secara spesifik. Seperti katalog belanja, poster film dengan trailer dan informasi kapan tayang, dan Geo Layers membantu kamu untuk menemukan tempat-tempat penting seperti ATM, restoran, lokasi bersejarah, atau apapun yang menarik di dekatnya.

Download Layar

4. WWF Free Rivers (iOS)

WWF Free Rivers adalah aplikasi AR terbaik untuk lingkungan. Merupakan tools edukasi yang apik yang menunjukkan dampak kuat yang dimiliki sistem sungai terhadap alam dan peradaban manusia, dan bagaimana kita dapat merusak atau melestarikan sistem alami yang vital ini. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi ARKit untuk membuat sistem sungai yang berbeda, seperti yang ada di sabana Afrika, pegunungan Himalaya atau delta sungai Asia Tenggara. Model animasi dan interaktif menunjukkan bagaimana sungai memberi makan dan menyehatkan lingkungan, dan bagaimana orang-orang pada akhirnya dapat mempengaruhi aliran sungai dan kesehatan. Ini adalah sebuah karya yang menarik tentang bagaimana teknologi AR dapat mendidik, sekaligus menghibur.

Download WWE Free River

5. Ingress

Ingress merupakan game Augmented Reality yang mengkombinasikan dunia digital dan dunia nyata. Dalam game Ingress kamu diharuskan berjalan dan mengeksplorasi wilayah di sekitar untuk bisa bermain. Dalam permainan Ingress hanya ada dua kubu yaitu Enlightened dan Resistance. Kedua kubu ini akan selalu bersaing untuk mendominasi wilayah. Semakin banyak wilayah didominasi salah satu kubu, maka alur cerita pun akan ikut berubah. Tujuan awal dari permainan ini memang untuk mengajak pemain keluar rumah, mengeksplorasi tempat bersejarah dan seni yang disebut portal di dalam game.

Download Ingress

6. Thyng (Android, iOS)

Cara kerja Augmented Reality

Thyng (Android, iOS) adalah toolkit untuk menciptakan pengalaman augmented realitymu sendiri, dengan alat untuk menciptakan berbagai efek AR, seperti menempatkan tokoh-tokoh animasi dan model 3D di atas permukaan dan target, menaruh video dan foto di udara, dan banyak lagi. Kamu kemudian dapat mengambil snapshot dari kreasi Anda, atau merekam video dengan durasi maksimal 30 detik. Aplikasi AR ini tersedia di Android dan iOS, didukung oleh ARCore dan ARKit.

Download Thyng

7. SketchAR (Android, iOS)

Cara kerja Augmented Reality

SketchAR (Android, iOS) mengubah layar smartphone Anda menjadi media bantuan untuk menggambar, melapisi gambar sketsa atau seni garis pada selembar kertas kosong yang kemudian dapat Anda lacak atau gunakan sebagai dasar sketsa Anda sendiri. Pengguna dapat memilih dari library sketsa yang termasuk dalam aplikasi, atau mengubah foto mereka menjadi seni garis yang dapat dilacak dengan aplikasi. SketchAR dirancang untuk bekerja pada kertas berukuran A4, atau kertas apa pun dengan empat penanda lingkaran referensi yang digambar di atasnya untuk memberikan penanda skala ke aplikasi. Dengan SketchAR, walau tidak memiliki bakat menggambar, kamu bisa membuat karya grafis yang memukau.

Download SketchAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *