10 Hal Mengagumkan yang Bisa di Lakukan Dalam VR Selain Bermain Game

Teknologi Virtual Reality (VR) mampu memberikan pengalaman berbeda, sepenuhnya membenamkan pengguna memasuki dunia virtual dan memberikan kesan seolah nyata. VR identik dengan video game, namun banyak cara menggunakan VR yang tidak kalah asik dengan bermain game, bahkan memberikan manfaat lebih bagi penggunanya.

Berikut, adalah 10 cara menggunakan VR yang asik dan bermanfaat yang bisa Anda coba.

1. Tingkatkan Pengalaman Belajar

Image source: Force Field

Pengalaman VR akan memberikan dampak yang positif dalam sektor pendidikan di masa depan, karena pembelajaran melalui VR memberikan pengalaman lebih dari sekadar membaca buku. Jika Anda ingin merasakan pengalaman belajar yang imersif tersebut, ada aplikasi pembelajaran interaktif keren yang tersedia seperti National Geographic Explore VR dan Anne Frank House VR. Atau coba film dokumenter, seperti Travelling While Black.

2. Kunjungi Kampung Halaman & Bepergian Secara Virtual

Terdapat beberapa hal yang tidak bisa Anda lakukan dalam dunia nyata, dan hanya dapat melakukannya melalui VR. Melalui Google Earth VR, Anda dapat berjalan di Tembok Besar China atau memanjat di atas piramida di Mesir, hingga mengunjungi seluruh dunia yang semuanya bisa di lakukan tanpa meninggalkan rumah Anda yang nyaman.

3. Kolaborasi Kerja Melalui VR, Cara Menggunakan VR Untuk hal Produktif

Kini, semakin banyak aplikasi VR yang memungkinkan kita untuk bekerja sama dalam tim secara inovatif. Ini mungkin tidak berfungsi untuk semua jenis meeting, namun bisa menjadi perubahan lingkungan yang bagus untuk keperluan seperti sesi brainstorming.

Anda dapat mencobanya melalui VR chatroom gratis, Mozilla Hubs. Mudah digunakan dan tidak membutuhkan instalasi. Yang Anda perlukan hanyalah membuat dan membagikan tautan agar orang lain dapat bergabung. Aplikasi lainnya yang dapat Anda coba adalah Immersed VR dan Bigscreen.

4. Membuat Desain dalam VR (dan bahkan cetak 3D)

Image source: James Robbins

Jauh lebih mudah untuk membuat model 3D jika Anda dapat menggunakan seluruh lingkungan dan tangan Anda daripada mouse dan keyboard. Dan jika Anda memiliki printer 3D, Anda bahkan dapat membawa beberapa kreasi Anda ke dunia nyata. Aplikasi yang bisa dicoba adalah Tilt Brush, Gravity Sketch, atau Adobe Medium. Setelah itu, ekspor ke PC Anda dengan pengaturan printer 3D dan cetak.

5. Mainkan Instrumen / Alat Musik

cara menggunakan vr
Image source: Paradiddle

Beberapa aplikasi VR memungkinkan Anda untuk memunculkan instrumen seperti set drum lengkap. Ini sangat bermanfaat karena menghilangkan keterbatasan fisik, dan tidak menimbulkan kebisingan di dunia nyata sehingga tidak akan mengganggu tetangga namun tetap bisa bermain instrumen dengan bebas dan tanpa batas.

Jika Anda memiliki Oculus Quest, bahkan ada aplikasi tutorial piano yang tersedia di SideQuest, dengan menggunakan pelacakan tangan dan piano asli untuk mengajari Anda memainkan lagu. Jika Anda punya piano, Anda harus mencobanya! Ada juga versi pro jika Anda ingin membuka lebih banyak fitur dan mendukung pengembang.

6. Bermeditasi

Bagi mereka yang mencari relaksasi tanpa gangguan setelah hari kerja yang berat, cobalah aplikasi meditasi di VR. Sekalipun Anda bukan tipe orang yang cocok bermeditasi karena terlalu cepat teralihkan, melalui VR hal tersebut dapat teratasi karena sifatnya yang membenamkan pengguna sepenuhnya ke alam virtual.

Aplikasi yang dapat membantu Anda untuk bermeditasi diantaranya adalah Guided Meditation VR, theBlu, atau NatureTreks VR untuk pengguna Quest.

Baca juga: 8 Solusi Teknologi Untuk Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi COVID-19

7. Hadiri Pertunjukan VR

Menghadiri pertunjukan teater virtual adalah salah satu hal yang harus Anda coba di tahun ini. Di The Under Presents, Anda dapat memesan tiket untuk menonton pertunjukan VR berdurasi 40 menit berdasarkan Shakespeare’s The Tempest. Pertunjukan ini dapat menampung hingga delapan penonton, namun penonton hanya dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh karena tidak dapat berbicara satu sama lain. Satu-satunya orang yang berbicara adalah aktor langsung yang menarasikan dan mengimprovisasi seluruh pertunjukan. Aktor memiliki kekuatan untuk memunculkan objek dan menempatkan kita di lingkungan yang berbeda. Itu adalah pengalaman yang ajaib.

8. Tonton Film Bersama Teman

Di Bigscreen, Anda dapat memesan tiket film 3D dan non-3D dan menontonnya bersama teman di bioskop besar. Ini seperti duduk di teater pribadi Anda sendiri. Ini merupakan cara terbaik untuk menonton film atau berkumpul bersama teman bahkan yang terbatas jarak jauh sekalipun.

9. Hadiri Konser VR

Image source: Wave

Salah satu platform konser VR yang sedang hits saat ini adalah Wave. Wave adalah platform konser virtual yang dapat diselenggarakan secara langsung dengan artis sungguhan yang di virtualisasi, sehingga memberikan pengalaman interaktif. Di platform ini, Anda dapat terhubung dengan artis dan penggemar lainnya dengan cara yang imersif.

10. Berolahraga

VR bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak suka ke gym namun ingin berolahraga layaknya di gym, apalagi terdapat beberapa menu latihan fisik yang dikemas dalam game sehingga tidak akan membosankan, alih-alih akan keasyikan bermain karena seru hingga lupa waktu.

VZFit atau Holofit adalah dua di antaranya, yang memungkinkan Anda membawa sepeda latihan atau alat kebugaran lainnya ke dalam pengalaman VR Anda.

Di Oculus Quest, Anda dapat mencoba VRWorkout (di SideQuest) dan Supernatural VR.

, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *