Raup Untung Lebih Dalam Industri Game Melalui Augmented Reality

Augmented Reality telah membawa revolusi yang pesat dalam game, perjalanan dan pariwisata, bahkan hingga kesehatan. AR memungkinkan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil menjadi mungkin, khususnya setelah game-game kelas menengah ke atas bisa di akses di smartphone. Pengembang dan penyedia teknologi terus bekerja untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan hadirnya developer game AR pada akhirnya berhasil meningkatkan pengalaman dalam bermain game

Augmented Reality merupakan kombinasi konten audio dan visual secara real-time. AR menciptakan arena bermain dan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar pemainnya. Game tersebut dapat lebih mudah dijalankan di perangkat game portabel, tablet, dan smartphone

AR sebagai Pengubah Besar Dunia Game

Secara sederhana, augmented reality dapat dikatakan sebagai perpaduan antara dunia maya dan dunia nyata. Game yang dikembangkan berdasarkan teknologi AR, seperti Minecraft dan Pokemon GO bisa dijalankan dengan mudah melalui smartphone dan tablet. 

Menurut Laporan Newzoo, 50% dari total pendapatan game berasal dari game seluler. Pada tahun 2018, game seluler bernilai sekitar $70,3 miliar. Perkiraan untuk pasar game global tahun 2021 akan menghasilkan pendapatan sebesar $159,3 miliar.

Salah satu contoh terbaik dari aplikasi game AR adalah Pokemon Go. Berbekal ketenarannya di pasaran, game tersebut telah memenangkan jutaan hati pemainnya. Teknologi AR di Pokemon Go didukung oleh algoritma yang berbasis visi, suara, grafik, dan objek yang sangat jernih.

Image credit: niantic

AR di dunia game mengembangkan pengalaman yang luas untuk gamer dan memungkinkan interaksi pribadi dengan lingkungan digital. Augmented Reality mencakup peningkatan digital sekaligus berhubungan dengan kehidupan nyata, disesuaikan dengan keinginan Anda.

Berbicara mengenai penghubung antara pengembang dan pengguna game, teknologi AR menjadi yang utama. Hal tersebut diadopsi secara luas oleh perusahaan pengembang aplikasi game seluler. AR juga memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fitur filter wajah.

Baca juga: 3 Cara Game dan VR Merevolusi Industri Pendidikan Modern

Kehadiran AR saat ini telah menggantikan seluruh game tradisional yang dimainkan sebelumnya, seperti Xbox dan PlayStation. Selain itu, AR memungkinkan pengembang membuat aplikasi multi-player gaming, seperti Swift Shot dan Galaga AR. 

Belum lagi dengan bantuan AI yang membuat gamer memperoleh pengalaman bermain game secara real-time. Hal tersebut bisa membantu desainer dan developer game AR meningkatkan kemampuan aplikasi game yang dibuat. Setiap game mengumpulkan data tentang pengalaman pengguna, kemudian dimasukkan ke dalam algoritma dan digunakan untuk menyempurnakan game tersebut.

Augmented Reality dalam game dikembangkan menggunakan geolokasi, pelacakan 3D, dukungan kacamata pintar, dan fasilitas lain untuk menghadirkan game yang eksklusif dan inovatif. 

Bagi pemain, AR memungkinkan mereka merasakan lingkungan kehidupan nyata dalam bentuk digital. Sementara bagi bisnis, AR dapat dimanfaatkan untuk branding dengan memikat hati target audiens melalui kecanggihan teknologi dan pengalaman baru yang tak terlupakan.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *