DreamWalker: Sensasi Berjalan Dalam Dunia Virtual di Dunia Nyata

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang mengajak kita untuk masuk kedalam dunia virtual dan dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Mungkin sebagian dari Anda tahu bahwa pengguna perangkat VR terlihat pasif atau pengguna hanya bisa bergerak dalam sebuah ruangan. Namun dengan pengembangan yang dilakukan oleh Microsoft DreamWalker, Anda bisa menggunakan perangkat VR diluar ruangan dan bahkan bisa berjalan mengelilingi kota, kok bisa?

Microsoft meluncurkan sistem prototipe yang menggunakan kombinasi VR, sistem ini menggunakan pelacakan yang berbasis GPS dan dunia digital untuk menciptakan pengalaman VR dinamis yang menampilkan rute berjalan di dunia virtual dan dunia nyata secara bersamaan. 

DreamWalker
Image Source : ispr

Sederhananya, DreamWalker menggunakan kemampuan GPS-nya untuk memindai rute potensial pada dunia virtual ke tujuan dunia nyata tertentu dan kemudian menggunakan informasi itu untuk mencari lingkungan VR yang sudah ada sebelumnya dengan jalur berjalan yang sama. Sementara itu, teknologi sistem pelacakan keluar-masuk memonitor semua penghalang fisik, dan memungkinkan pengguna untuk menavigasi lingkungan dunia nyata tanpa takut ketika sedang berjalan yang bisa saja menabrak benda atau orang lain disekitarnya.

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

Untuk menguji teknologi ini dengan benar, Microsoft meminta beberapa peserta mengikuti tur singkat VR di kampus Research mereka di Redmond, Washington. Mereka mendemonstrasikan fleksibilitas DreamWalker dengan memungkinkan pengguna untuk berjalan di tiga jalur yang berbeda di kampus Microsoft yang luas sambil menikmati dunia VR, serta dilengkapi dengan berbagai penghindaran rintangan dan teknik pengalihan yang dapat bermanfaat bagi pengguna.

DreamWalker spec
Image Source : tweaktown

Para pengembang menyadari potensi di balik teknologi seperti ini sangat jelas dan menjanjikan. Kemampuan untuk menghasilkan lingkungan VR yang kompleks yang dapat menyesuaikan dengan perubahan kondisi dan situasi di dunia nyata dapat memiliki dampak besar pada berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan mengubah perjalanan menuju tempat kerja yang terus menerus setiap harinya yang membosankan menjadi perjalanan dunia virtual yang memberikan pemandangan dan suasana yang baru, tentu rutinitas di perjalanan yang tadinya membosankan akan menjadi sangat menyenangkan bukan?

Itulah kekuatan dari teknologi Realitas Virtual, yang dapat membawa kita ke dunia yang baru dengan kemungkinan tanpa batas.


, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *