Inovasi Controller VR di Tengah Berkembangnya Industri Virtual Reality

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer dan digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer sehingga dapat berinteraksi dengan seseorang. VR kini telah sukses menjadi medium penyajian konten hiburan yang memberikan pengalaman imersif dan mendalam bagi penggunanya. Kesuksesan VR saat ini didukung oleh inovasi controller VR yang mampu membuat pengguna merasakan sensasi yang jauh lebih nyata dan mendalam.

Bahkan, kini telah terlahir beragam perangkat VR yang dapat memberikan sensasi lebih nyata dan mendalam dari sebelumnya. Mulai dari Weightless VR yang bisa membuatmu melompat tinggi dan bersalto di dunia nyata mengikuti tokoh yang kamu mainkan dalam game, LiquidMask VR dengan sensasi nyata menyelam di bawah laut, hingga Dexmo Haptic yang memberikan pengalaman sentuhan dan genggaman tangan dalam game yang begitu realistis.

Inovasi Controller VR
Image Source : w5online

Perangkat VR sendiri sudah berevolusi dan mengalami berbagai perkembangan, yang dapat memberikan pengalaman bermain VR yang jauh lebih baik dan realistis dari sebelumnya. Salah satunya adalah inovasi controller VR, Controller VR bisa dibilang adalah perangkat kontrol paling intuitif pertama yang ditujukan sebagai pelengkap headset virtual reality. Idenya berasal dari sebuah pengembangan teknologi motion tracking yang telah mereka mulai kurang lebih dua puluh tahun lalu. Dengan semakin canggihnya hardware dan software, maka input dari motion tracking-pun bisa semakin akurat.

Baca juga: Berikut, Panduan dan Tips Cara Menggunakan VR di Ponsel Androidmu

Untuk menggunakan controller VR, kamu hanya perlu memegangnya di tangan ketika mengenakan headset VR seperti Oculus Rift. Kemudian akan langsung terintegrasi sempurna dengan headset VR dan bisa terhubung dengan berbagai perangkat seperti PC hingga tablet. Controller VR memiliki desain ergonomis, memiliki satu set sensor kelembaman berukuran sangat kecil dan tingkat latency yang sangat rendah.

Image Source : nbcnews

Dengan kemampuan ini, Controller VR bisa membaca gerakan tangan seperti apapun tanpa dibatasi oleh jarak pandang kamera. Kamu bisa menolehkan wajah ke kiri, dan menggerakkan jari-jari di tangan kanan tanpa melihat, dan hardware akan membacanya seperti dalam dunia nyata. Perangkat canggih ini juga dirancang agar fleksibel dan bisa digunakan di berbagai jenis sistem operasi dan platform.

Peran penting dari Controller VR sangat mempengaruhi kesuksesan VR sampai saat ini, oleh karena itu, banyak perusahaan berlomba untuk menciptakan Controller VR yang lebih baik dan bisa dimainkan di berbagai perangkat VR dan bermacam  game VR yang sudah ada saat ini. Melihat perkembangan perangkat VR saat ini terbilang cukup pesat, inovasi Controller pada perangkat VR juga akan terus berkembang dan beraneka ragam di masa depan.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *