Latihan Basket dengan Augmented Reality

Sekarang Latihan basket dapat lebih mudah karena dibantu oleh teknologi AR, hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi. HomeCourt merupakan aplikasi untuk membantu pengguna untuk berlatih basket dengan Augmented Reality, khususnya teknik shooting. Caranya yaitu dengan menganalisis secara detail sesi latihan shooting yang direkam dengan menggunakan kamera iPhone. Pengguna cukup meletakkan iPhone diatas tripod, kemudian arahkan kameranya ke ring dan mulai berlatih.

Aplikasi HomeCourt dapat mendeteksi pergerakan pemain, pergerakan bola serta posisi ring basket secara tepat. Canggihnya, pengguna yang sedang berlatih dapat dipantau pergerakan dan performanya tanpa memasang sensor apapun di badannya.

Semua yang dijalankan pada HomeCourt dilakukan secara real-time. Mulai dari lemparan bola, tinggi lompatan, maupun durasi singkat ketika bola lepas dari tangan pemain pengguna.

Karena data-data seperti lemparan bola, lompatan dan durasi singkat tersebut sangat sulit dilihat ketika menggunakan mata kepala sendiri tanpa bantuan teknologi Augmented Reality. Dengan bantuan Augmented Reality aplikasi ini dapat membantu pemain basket untuk latihan basket dan memperdalam skill-nya, baik itu secara individu atau tim. Tentunya harus didampingi dengan pelatih agar hasil dari latihan terlihat dan di koreksi oleh sang pelatih. Ternyata tidak hanya bermain basket saja, di Indonesia ada aplikasi untuk bermain sepak bola secara virtual, yaitu Astark AR.

Aplikasi yang telah dikembangkan oleh NEX Team ini menjadi bukti besar bahwa potensi teknologi Augmented Reality kedepannya akan menjadi lebih besar, serta dapat mengubah dunia.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *