Augmented Reality Media Pemasaran Efektif dan Efisien, Pasti Raup Untung!

Augmented Reality (AR) sudah banyak digunakan sebagai media pemasaran efektif dan efisien oleh berbagai produk, sebut saja Nike, Starbucks, hingga OPPO yang kini telah meraih sukses berkat pemanfaatan teknologi AR sebagai media branding dan marketing. Terlebih AR sendiri merupakan teknologi yang sedang diminati oleh banyak orang karena mampu menghidupkan objek virtual ke dunia nyata. Tak heran jika AR menjadi media pemasaran kekinian powerful yang patut diperhitungkan eksistensinya saat ini hingga di masa depan.

Teknologi AR Sebagai Media Pemasaran Efektif, Kunci Sukses Bisnis Anda di Masa Depan

Teknologi Augmented Reality merupakan media interaktif dan menarik perhatian karena kesan Hi-Tech yang dimiliki serta pengalaman baru yang diberikannya. Sangat cocok sebagai media pemasaran serta memperkenalkan brand Anda dengan efektif dan efisien.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Blippar, kampanye pemasaran melalui teknologi AR mendapatkan perhatian atau keterlibatan audiens rata-rata selama 75 detik, sementara melalui iklan di TV dan radio hanya 2,5 detik. Apalagi billboard, belum tentu orang mau melirik.

Jadi, alasan apa lagi yang Anda butuhkan untuk tidak beralih ke Augmented Reality?

Dengan memanfaatkan teknologi AR, produk Anda akan terlihat lebih berkelas serta menarik di mata para audiens dan calon pelanggan. Tak hanya itu, produk yang disajikan melalui teknologi AR juga memberikan informasi yang sangat rinci tentang produk Anda. Salah satu contoh produk yang sukses adalah OPPO melalui 3 aplikasi AR yang kami kembangkan untuk event Pre-Launching RENO pada seri terbarunya.

Pertama adalah sebuah gamification AR artistik “Find RENO”, dimana pemain ditugaskan untuk mengumpulkan huruf RENO. Setelah terkumpul pemain bisa memilih background sesuai keinginan, kemudian hasil karya tersebut bisa disimpan dan jadikan sebagai wallpaper atau dibagikan di media sosial. Kedua adalah aplikasi AR yang dapat memberikan informasi detail dari masing-masing bagian RENO lengkap dengan videonya.

Cara menggunakannya adalah dengan menyorot brosur RENO menggunakan kamera AR yang akan menampilkan detile dari bagian-bagian smartphone RENO lengkap dengan video penjelasannya masing-masing. Dan yang ketiga adalah AR invitation Pre-Launch yang diberikan khusus kepada mereka yang melakukan Pre Order OPPO RENO Series.

Baca juga: Dengan Teknologi AR, Kini Kamu Bisa Mencoba Sebelum Membeli Perhiasan Secara Online Lho

Social Media AR Untuk Marketing dan Branding Bisnis Anda

media pemasaran kekinian
Image Source : medium

AR kini telah merambah ke berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga Snapchat. Dampak yang diberikan social media AR tentu sangatlah besar, yaitu menjangkau audiens lebih banyak dari pengguna socmed, dan tentu pasar yang bisa didapat dari socmed tersebut juga akan ikut meningkat dengan drastis. Inilah, yang dijadikan peluang oleh berbagai merek untuk menjaring lebih banyak customer demi meningkatkan angka penjualan.

Baca juga: Manfaat AR Marketing di Indonesia, Tingkatkan Pertumbuhan dan Peluang Sukses Bisnis Anda

Bukan hanya instagram dan snapchat saja, tetapi Facebook juga ikut menggunakan AR dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan Facebook AR Studio nya, tools yang sangat powerful untuk pengembang dan seniman yang ingin membangun pengalaman kamera Facebook interaktif mereka sendiri.

Kesimpulan

Dilihat dari semakin banyaknya perusahaan besar hingga UKM yang turut memasarkan produk dan mengenalkan brandnya lebih luas lagi menggunakan teknologi AR, dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi Augmented Reality merupakan media pemasaran yang efektif dan efisien. Para pengembang pun saling berlomba-lomba untuk mengembangkan AR menjadi lebih baik dan manfaatnya bisa dinikmati secara lebih luas lagi oleh masyarakat. MonsterAR akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik, melalui teknologi AR yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *