Media Pembelajaran VR, Untuk Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik

Pelatihan dan pendidikan di Indonesia sepertinya belum seperti di negara maju seperti Amerika. Sampai semua tingkat pendidikan di negara maju sudah menggunakan teknologi yang dipercaya dapat membuat sistem pengajaran menjadi lebih efektif yaitu media pembelajaran melalui teknologi VR (Virtual Reality). Teknologi ini terbukti dapat menjadikan pendidikan dan pelatihan lebih efisien dan menghemat waktu.

Dengan menghadirkan pengalaman yang berbeda menggunakan VR kepada siswa, mereka jadi lebih mendapatkan gambaran dari apa yang dijelaskan oleh pengajarnya. Dan bagi pengajar juga, mereka tidak perlu memberikan pengarahan secara detail, karna siswa akan sendirinya memahami yang dijelaskan.

Tidak hanya pendidikan, VR juga dapat membawa program pelatihan karyawan menjadi lebih menarik dan efisien, serta menjadikan pelatihan menjadi lebih aman dan hemat biaya. Di katakan aman karena semua pelatihan dilakukan dalam lingkungan virtual sehingga tidak terlibat dengan alat dan lingkungan kerja secara langsung. Ditambah program pelatihan VR dapat meningkatkan kemampuan pengguna untuk mengelola pikiran dengan masuk kedalam situasi apapun secara jelas dan real-time, tidak dengan metode tradisional atau buku teks yang cukup membosankan. 

Berikut ini adalah video simulasi pelatihan medis menggunakan teknologi VR.

Mempelajari dan Melatih Visual dalam Otak

Dengan menampilkan dan menyajikan materi yang langsung diberikan contoh alternatif menggunakan teknologi ini, media pembelajaran VR dapat melatih otak siswa dalam berfikir. Case study yang dilakukan oleh Mehryar Nooriahshar, Tek Narayan Maraseni dan Ron Williams mengekspolrisasi efek bagaimana pendidikan menggunakan teknologi VR dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu siswa mempelajari konten atau materi belajar secara efektif. Ditambah dapat memberikan tutorial atau simulasi terkait materi pembelajaran tersebut.

Dari hasli study tersebut, mereka mengatakan dengan jelas bahwa pembelajaran visual ini merupakan salah satu metode pendidikan modern. Karena teknologi VR membantu dan menempatkan informasi kedalam perspektif yang lebih besar dari sebelumnya yaitu pembelajaran konvensional.

Bahkan teknologi ini tidak hanya dijadikan sebagai bahan pembelajran, namun juga bisa dijadikan sebagai hiburan bagi siswa. 

Berikut ini adalah video simulasi siswa sedang melihat tokoh terkenal tampil.

Salah satu aspek yang membedakan VR dengan media pembelajaran lainya adalah interaktivitasnya. Dengan pengguna dibawa masuk ke dunia digital dimana mereka dapat menyelesaikan misi atau hanya berkeliling saja.

Dibandingkan dengan metode pengajaran secara manual, dimana mereka tidak bisa mendapatkan pengalaman seperti itu. Hanya dapat berimajinasi dan tidak melihat kondisi yang dijelaskan pada materi pembelajaran.

Baca juga: Pelatihan Anatomi Tubuh Efektif dan Hemat Biaya Dengan Virtual Reality

Pelatihan Karyawan Menggunakan VR

Tidak hanya untuk siswa, namun pelatihan karyawan juga bisa lebih efisien menggunakan teknologi VR. Dengan melakukan simulasi terkait pelatihannya, kemudian menyelesaikan misi atau dijelaskan secara visual terkait ujiannya. 

Setelah pembahasan siswa dan karyawan, ternyata dari sisi pengajar juga menjadi lebih efisien. Menurut pengajar, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan secara detail bagaimana tentang belajarnya. Namun langsung bisa merasakan secara real-time kejadian dan kondisi dari yang diajarkan.

Kedepannya teknologi VR akan lebih besar,  namun apakah Anda sudah siap untuk memanfaatkannya dengan maksimal?

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *