Museum Digital di Indonesia Harus di Tingkatkan! Inilah Alasannya

Museum merupakan tempat yang menyimpan berjuta cerita di masa lalu, baik itu peninggalan sejarah, seni, ilmu pengetahuan, serta tempat menyimpan barang kuno yang nantinya akan dipamerkan kepada para pengunjung museum. Saat ini museum sendiri sudah banyak mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang paling terlihat yaitu museum-museum yang ada di Indonesia sebagian sudah ada yang melakukan program digitalisasi museum. Munculnya museum digital di Indonesia sendiri merupakan bentuk upaya yang dilakukan pihak pengelola museum dalam rangka untuk memperkenalkan pameran museum dengan balutan teknologi canggih kepada generasi milenial.

Hal ini bertujuan agar generasi milenial merasa tertarik mengunjungi sebuah museum dan bisa terus menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Salah satu museum di Indonesia yang telah kami digitalisasi adalah museum BPK RI yang berada di pusat kota Magelang.

Mengapa Pengembangan Museum Digital di Indonesia Harus di Tingkatkan?

1. Museum Sebagai Pusat Edukasi

museum digital di Indonesia
Image Source : ngxinteractive

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengikuti study tour ke museum yang diadakan oleh sekolah. Hal ini dilakukan karena pembelajaran yang diberikan di sekolah masih belum cukup bagi para siswa. Disinilah peran dari museum sebagai pelengkap akan pengetahuan sejarah dan budaya sesungguhnya yang beberapa di antaranya mungkin saja tidak di ajarkan di sekolah. Museum digital akan membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan membuat kesan yang jauh lebih nyata bagi siswa. 

2. Museum Sebagai Tempat Inspirasi

Image Source : pantografomagazine

Dalam berkarya, pasti Anda memerlukan sebuah inspirasi untuk menciptakan karya tersebut menjadi nyata. Sumber inspirasi setiap orang berbeda-beda, salah satunya adalah museum. Museum sangat cocok jika dijadikan sumber inspirasi, terlebih Anda dapat melihat berbagai macam karya seni yang dipamerkan di sebuah museum. Oleh karena itu, museum digital sangat cocok bagi para generasi muda untuk mendapatkan sumber inspirasi, menjadikannya sebagai mimpi dan berusaha untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.

Baca juga: Perjalanan di Museum BPK RI, Museum Canggih di Pusat Kota Magelang

3. Museum Menjadi Rumah Kebudayaan

kebudayaan di museum
Image Source : themuseumofthefuture

Kebudayaan di Indonesia sangatlah beragam, dan ini menjadi salah satu aset penting negara yang patut untuk dijaga kelestariannya oleh generasi muda. Oleh karena itu, museum digital bertujuan untuk menarik perhatian generasi muda agar datang mengunjungi museum, mengenal kebudayaan dan karya seni yang ada di Indonesia. Dengan begitu akan timbul rasa memiliki, dan dengan sendirinya akan muncul keinginan untuk melindungi karya seni dan kebudayaan milik Indonesia.

4. Museum Sebagai Tempat Berinteraksi dan Rekreasi

Image Source : jeanhochu

Jika Anda ingin berkreasi sambil belajar, museum adalah salah satu tempat yang cocok. Anda juga bisa bertemu dengan sesama pecinta museum serta dapat saling mengenal, bertukar informasi dan berekreasi bersama menikmati indahnya karya seni yang dipamerkan pada museum tersebut.

5. Museum Membangun Karakter yang tangguh 

museum digital di Indonesia
Image Source : wikipedia

Karakter pemuda pada era kemerdekaan patut dijadikan contoh oleh generasi milenial saat ini, sehingga dengan datang untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah tentang perjuangan para pemuda di masa lampau, maka akan menumbuhkan integritas dan budi pekerti di kalangan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sehingga tidak terpengaruh oleh berbagai hal negatif seperti narkoba hingga korupsi yang terjadi di masa kini.

 

Salah satu teknologi yang dapat diterapkan pada museum digital di Indonesia adalah Augmented Reality (AR). Dengan menampilkan karya seni dengan balutan teknologi AR, akan membuatnya terlihat jauh lebih menarik dalam menampilkan informasi dan pastinya para pengunjung akan merasakan peristiwa yang lebih nyata. Seperti teknologi AR yang kami terapkan di museum BPK RI Magelang misalnya, yang menampilkan bangunan-bangunan kuno secara lebih nyata kepada pengunjung lengkap dengan berbagai informasinya yang dibutuhkan.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *