Pengembangan Teknologi VR Senilai 1 Juta USD Oleh Angkatan Udara AS

Virtual Reaity (VR) merupakan perangkat yang membuat kita dapat masuk kedalam dunia visual. Ini merupakan hal yang sangat baru dan menarik minat dari banyak orang. Tak hanya itu, perangkat VR dapat dimanfaatkan dalam membantu pekerjaan manusia diberbagai bidang. Oleh sebab itu, saat ini sudah banyak pengembang yang ingin melakukan pengembangan teknologi VR supaya lebih baik dan bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia.

Salah satu bidang yang memanfaatkan teknologi VR adalah untuk pelatihan militer. Dilakukannya pengembangan teknologi VR ini memang bukan tanpa alasan. Selain pelatihan menggunakan VR sangat menyenangkan, juga menguntungkan dari berbagai segi seperti menghadirkan lingkungan kerja secara realistis. Dan berbeda dengan pelatihan konvensional yang menghabiskan amunisi, memiliki resiko cidera serta membutuhkan tempat yang luas, pelatihan VR bisa dilakukan berulang-ulang sesuai keinginan dan hanya membutuhkan satu kali keluar budget saja untuk pengadaan media pelatihan VR, selebihnya dapat digunakan sepuasnya tanpa perlu biaya tambahan lagi, dan jelas ini menjadikan jauh lebih hemat biaya dalam melakukan pelatihan militer.

pengembangan teknologi vr
Image Source : prnewswire2-a.akamaihd

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Hal tersebut membuat Angkatan Udara Amerika Serikat tidak segan mengeluarkan dana senilai 1 juta USD untuk bisa merasakan manfaat besar dari teknologi pelatihan VR ini. Teknologi VR yang dibuat adalah untuk pelatihan pemeliharaan virtual berupa simulasi imersif baru yang dirancang untuk melatih para penerbang dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat.

Teknologi pelatihan VR ini akan memodernisasi bimbingan instruksional mereka dan membawa pelatihan pesawat dalam kondisi secara nyata kepada siswa. Hal ini akan meningkatkan pengetahuan sistem / retensi mereka dan memperagakannya sehari-hari. Gedung pelatihan Angkatan Udara tersebut telah memiliki 530 siswa setiap tahunnya dan  telah mengajarkan 23 airframes yang berbeda. Pelatihan virtual ini juga akan membantu dalam menjembatani siswa pelatihan untuk memahami apa yang telah diajarkan secara teori, serta dapat mengetahui struktur pesawat yang dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kesiapan mereka ketika melakukan penerbangan dan menjalani tugas mereka.

Teknologi pelatihan VR ini telah menggunakan model 3D interaktif dari pesawat di dunia nyata dengan sangat akurat, dan dibangun dengan tujuan untuk memberikan pengalaman mendalam dan fleksibel yang mudah diterapkan. Dengan dilakukannya pengembangan teknologi VR ini, akan memungkinkan Angkatan Udara untuk secara efektif mendidik ribuan penerbang dalam pemeliharaan pesawat dengan biaya yang lebih rendah dari biaya pelatihan dunia nyata.


[fusion_builder_container hundred_percent=”no” hundred_percent_height=”no” hundred_percent_height_scroll=”no” hundred_percent_height_center_content=”yes” equal_height_columns=”no” menu_anchor=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” status=”published” publish_date=”” class=”” id=”” background_color=”” background_image=”” background_position=”center center” background_repeat=”no-repeat” fade=”no” background_parallax=”none” enable_mobile=”no” parallax_speed=”0.3″ video_mp4=”” video_webm=”” video_ogv=”” video_url=”” video_aspect_ratio=”16:9″ video_loop=”yes” video_mute=”yes” video_preview_image=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ layout=”1_1″ spacing=”” center_content=”yes” link=”” target=”_self” min_height=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” background_image_id=”” background_color=”#29292a” background_image=”” background_position=”left top” undefined=”” background_repeat=”no-repeat” hover_type=”none” border_size=”0″ border_color=”” border_style=”solid” border_position=”all” border_radius_top_left=”” border_radius_top_right=”” border_radius_bottom_left=”” border_radius_bottom_right=”” box_shadow=”no” box_shadow_vertical=”” box_shadow_horizontal=”” box_shadow_blur=”0″ box_shadow_spread=”0″ box_shadow_color=”” box_shadow_style=”” padding_top=”” padding_right=”” padding_bottom=”” padding_left=”” margin_top=”” margin_bottom=”” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=”” last=”no”][fusion_text columns=”1″ column_min_width=”” column_spacing=”” rule_style=”default” rule_size=”” rule_color=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=””]

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan mudah di pahami

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

[/fusion_text][fusion_button link=”https://api.whatsapp.com/send?phone=628568687188″ text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”darkgreen” button_gradient_top_color=”” button_gradient_bottom_color=”” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”” accent_hover_color=”” type=”flat” bevel_color=”” border_width=”” size=”large” stretch=”default” shape=”square” icon=”fa-whatsapp fab” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”fade” animation_direction=”static” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]Mulai Konsultasi[/fusion_button][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]


Selain itu teknologi pelatihan VR ini juga memiliki platform pengeditan CODEX VR, sehingga instruktur juga dapat membuat pengalaman pelatihan mendalam mereka sendiri tanpa perlu pengalaman pengembangan atau pemrograman sebelumnya. Ini hanyalah salah satu teknologi pelatihan VR yang digunakan oleh militer AS untuk mengembangkan solusi pelatihan yang mendalam. Melihat manfaat dan kegunaan VR yang memiliki potensi besar saat ini, VR akan semakin berkembang jauh lebih baik lagi di masa depan. 

, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *