Perbedaan AR dan VR, Ternyata Ini Lho

Perbedaan AR dan VR membawa kebingungan bagi mereka yang belum mengenal teknologi ini. Untuk itu, disini saya akan memberikan penjelasan mengenai kedua teknologi ini.

Perkembangan teknologi membawa kita jauh pada era baru, era digitalisasi. Dimana sekarang melakukan apapun sangat mudah, dan tidak perlu repot menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Pertama dengan hadirnya teknologi smartphone sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Dengan segala sesuatu hanya dengan satu klik dan satu genggaman.

Teknologi baru yang sudah masuk Indonesia, yaitu adalah teknologi VR (virtual reality) bersamaan dengan AR (augmented reality). Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan teknologi AR dan VR, pastinya Anda sudah tahu aplikasi game yang sempat populer seperti Pokemon Go. Nah itu termasuk salah satu teknologi dari AR, lalu ketika Anda melihat dengan kacamata headshet dimana memakai itu berasa memasuki pada video yang kita lihat dengan kacamata, itu disebut dengan VR.

AR dan VR Membuat Dunia Maya Menjadi Lebih Nyata

Virtual reality adalah proses penghapusan dunia nyata di sekitar kita dan kemudian akan dibawa kedalam dunia virtual yang baru. Untuk membuat itu semua terjadi, dibutuhkan perangkat khusus yang akan membuat hubungan pengguna dengan dunia nyata terputus. Cara menggunakan gear VR perlu perangkat khusus, yaitu headshet VR seperti Oculus Rift, Samsung Gear VR, PS VR dan masih banyak sekarang produksi VR, tapi yang lebih bagus populer adalah merk diatas tadi.

Sudah banyak konten VR yang beredar di Playstore, Playstation 4, dan platform lainnya. Konten yang dibuat ada game dan aplikasi berbasis VR, bahkan saat ini konten mencakup lebih luas lagi, yaitu bisa menonton video 360 derajat.

Augmented Reality Memperkaya Dunia Nyata

Perbedaan AR dan VR

Berbeda dengan VR, jika virtual reality memutuskan hubungan dunia nyata dengan pengguna dan menciptakan dunia baru secara virtual. Augmented reality justru memperkaya dunia nyata dengan konten visual atau khayalan. Secara umum, AR adalah proses penambahan konten virtual ke dunia nyata. Sehingga dengan AR pengguna bisa berinteraksi dengan konten virtual secara langsung di dunia nyata.

Baca Juga : Fitur AR Google Uji Coba di Google Maps

Untuk menikmati konten AR, Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan lain. Cukup dengan kamera smartphone yang dapat terintegrasi dengan sensor Gyroscope dan Magnetic saja. Salah satu contoh game dari tren AR adalah Pokemon Go. Namun tidak hanya ini, game lain sudah banyak juga. Aplikasi lain penggunaan AR juga banyak seperti Layar, Ingress dan Google Translate.

Itulah perbedaan dan penjelasan mengenai AR dan VR, jika Anda merasa tertarik dengan teknologi ini, masih banyak konten kami yang menyajikan teknologi AR dan VR.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *