Robot Tempur Augmented Reality

Perkembangan yang sangat besar sedang terjadi pada teknologi augmented reality, kini teknologi AR menghadirkan kategori baru. Salah satunya kategori permainan hybrid di dunia nyata dan dunia digital yaitu bernama “MekaMon”. Dikembangkan oleh Reach Robotics, MekaMon terlihat seperti unit Dragoon milk ras Protoss di franchise StarCraft. Tidak hanya dari permainan hybrid saja, sebelumnya teknologi AR dijadikan aplikasi untuk latihan dan bermain basket.

MekaMon dapat menggerakkan keempat kakinya dengan lincah seperti seekor laba – laba. Tidak hanya itu saja, MekaMon bisa jungkir balik dan gerakan lainnya yang sangat terlihat realistis.

Penggunaanya hanya menyambungkan smartphone Anda dengan Bluetooth, setelah tersambung melalui Bluetooth, MekaMon dapat dioperasikan melalui smartphone. Setelah itu pengguna bebas memilih untuk bertempur melawan AI atau melawan MekaMon lain dalam arena augmented reality. Permaninan Mekamon juga dapat fitur co-op, jadi bisa ajak teman Anda untuk bermain bersama melawan musuh.

MekaMon memanfaatkan empat sensor inframerah untuk mendeteksi lawannya secara akurat. Sinyal inframerah tersebut merupakan cara MekaMon berkomunikasi dengan yang lain. Sehingga apabila salah satu robot terkena tembakan senjata, maka lawan akan merasa kesakitan di titik yang tepat.

Elemen augmented reality pada MekaMon menjadi sentuhan yang sangat menarik. Kecanggihan pada MekaMon tidak sampai disitu, adanya objek seperti meja dan kursi atau lainnnya yang ada di ruangan, akan terdeteksi dan dapat dijadikan sebagai tempat berlindung dari musuh.

Hadirnya MekaMon membuat pengguna dapat merasakan dan menciptakan pertempurannya sendiri. Reach Robotics memberikan harga pada MekaMon sekitar $300 dan sudah termasuk perlengkapan senjata lengkap.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *