Travelling Jadi Lebih Mudah dan Berkesan, Berkat 6 Teknologi Canggih Ini

Teknologi terbaru di bidang travelling menjadi salah satu alat yang ditunggu-tunggu. Karena pada dasarnya perkembangan teknologi terbaru menjadi kesempatan bagi kita untuk merasakan pengalaman baru dan berbeda. Terutama untuk memberikan pengalaman liburan yang lebih berkesan dan menarik.

Teknologi yang canggih membuat layanan konsumen semakin efisien dan berkualitas. Semakin dimanjakannya pelancong membuat bisnis pariwisata kian menguntungkan. Tak mengherankan bahwa banyak pebisnis segmen pariwisata menaruh investasi besar-besaran untuk teknologi. Nah, berikut adalah 6 teknologi yang akan mempermudah perjalanan Anda sehingga menjadikannya lebih berkesan ?

1. Augmented Reality (AR)

teknologi travelling terbaru augmented reality
image source: TDS

Menarik calon pelancong untuk menginap di hotel dengan membagi-bagikan brosur berupa kertas kini sudah kuno. Teknologi AR memungkinkan calon pengunjung tergiur bepergian ke lokasi wisata tertentu. Kecanggihan teknologi AR membuat mereka bisa menikmati campuran dunia nyata dan digital dari gawai di genggaman, entah ponsel pintar atau tablet.

Contoh penggunaan AR lainnya yakni konsumen dapat mencoba peta dinding interaktif dan dekorasi ruangan. Kunci digital hotel sudah bukan hal biasa bagi tamu hotel. Push notification kini telah tersedia di beberapa lokasi.

2. Virtual Reality (VR)

teknologi travelling terbaru virtual reality
image source: medium

Biro perjalanan mengikuti jejak firma pengembang game dan pendidikan, yakni menggunakan Virtual Reality (VR). Mereka memberikan sekilas pengalaman yang akan dinikmati calon pelancong di tempat yang akan dituju. Beberapa contoh pemakaian VR yakni melihat foto akomodasi dalam 360 derajat. Calon tamu hotel dapat menikmati proses pemesanan kamar secara virtual. Dengan cara ini pihak hotel dapat memberikan simulasi ke tempat wisata populer.

3. Internet of Things (IoT)

internet of things monsterAR
image source: thetrent

IoT mempengaruhi banyak sub sektor dari industri pariwisata. Sebagai contoh, pihak pengelola bandara menggunakan IoT untuk keamanan cerdas bagi kenyamanan pengguna. Bagi pebisnis sektor penerbangan dan biro perjalanan, IoT membuat mereka bisa menawarkan layanan personalisasi bagi konsumen. Saat anda sampai di tempat baru, anda bisa memanfaatkan IoT untuk memperoleh informasi penting terkait lokasi tersebut. Bahkan, anda tinggal mengklik tombol di hotel dan bandara untuk memperoleh layanan otomatis.

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

4. Artificial Intelligence (AI)

artificial inteligence traveller
image source: medium

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan turut memasuki dunia pariwisata. Mesin pembelajaran dan serangkaian bot sudah banyak ditemukan untuk melakukan tugas sederhana, menambah efisiensi, memangkas biaya dan tentu saja meningkatkan layanan ke konsumen. 

Travel bot dapat dengan sigap menjawab pertanyaan atau sekedar menanggapi komentar konsumen, sedangkan agen belum tentu bisa melakukannya setiap saat. AI dapat mengenali ucapan seseorang sehingga dapat menjawab kebutuhan pelanggan melalui wicara. Ada juga robot berbasis AI yang sanggup melayani kebutuhan konsumen. Hingga secara umum, banyak pelakon industri ini yang menggunakan AI untuk mempelajari profil pelancong lalu mewujudkannya dalam bentuk analisa data.

5. Konektivitas Wi-Fi

wifi connectivity monsterar
image source: parisbym

Konektivitas Wi-Fi dan internet tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Pesatnya teknologi membuat konektivitas Wi-Fi semakin dibutuhkan pelancong zaman sekarang. Terlebih dengan hadirnya media sosial yang membuat mereka ingin segera membagikan pengalaman liburan mereka. Wi-Fi yang kencang membuat mereka ingin meninggalkan ulasan di situs biro perjalanan, blog atau media sosial.

Mereka ingin terus memperbaharui informasi tempat menarik untuk dikunjungi secara real time. Dengan Wi-Fi, pelancong dapat memesan tiket atau kamar melalui gawai mereka. Tidak mengherankan ketersediaan Wi-Fi menjadi salah satu alasan memilih hotel. Potret konsumen itulah yang membuat banyak biro perjalanan menaruh banyak investasi guna menambah atau memperbaiki jaringan internet.

6. Teknologi Suara

teknologi suara untuk traveller
image source: ncr

Kehadiran asisten suara digital merambah bisnis pariwisata. Siri, Alexa dan Google Home merupakan contoh asisten suara digital yang sudah banyak digunakan masyarakat. Cukup dengan bertanya atau berinteraksi dengan asisten suara digital tersebut, calon tamu hotel dapat memperoleh informasi terkait hotel tersebut. Mereka dapat memesan kamar dan layanan hingga mengatur ruangan hotel melalui suara mereka.

Itulah ulasan 6 teknologi travelling terbaru yang akan mempermudah dan menjadikan perjalanan Anda lebih berkesan. Jika Anda tertarik untuk menerapkan teknologi tersebut di atas seperti Augmented Reality dan Virtual Reality, silahkan hubungi kami di bawah ini.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *