Teknologi VR, Hirup Aroma Menjadi Pengalaman yang Berbeda

Teknologi VR memungkinkan kita dapat merasakan pengalaman yang berbeda begitupun dengan main game, apakah itu benar ? Jika ya, ada kabar baik yang dijamin bakal bikin kita tak sabar menikmati tampilan entertainment dalam balutan VR. Sebentar lagi kita bisa segera merasakan ‘aroma’ dalam film yang ditonton atau game yang sedang dimainkan hanya dengan menggunakan VR headset.

Teknologi VR

Startup Feelreal belum lama ini mengumumkan akan merilis sebuah VR Mask multisensor yang memiliki kemampuan untuk menghirup aroma saat menonton film atau bermain game dalam VR headset.

Berdasarkan info dari Digital Trends, pada bulan Januari lalu, masker multisensor tersebut dilengkapi generator aroma. Generator ini mampu menyimpan hingga sembilan kapsul dalam ruang yang dapat digonta – ganti sesuai kebutuhan game.

Ada sekitar 255 aroma berbeda yang dapat dipilih pengguna untuk diaplikasikan ke masker VR tersebut.

Pengguna akan merasakan sensasi berbeda dengan merasakan pengalaman ketika menonton film, bermain game, dengan sensasi aroma pada perangkat VR.

Ada beberapa aroma yang disediakan, seperti lavender, mint, bau karet yang terbakar, sampai bubuk mesiu.

Disamping dilengkapi dengan fitur aromanya, Feelreal juga melengkapi masker multisensor tersebut dengan berbagai simulasi sensor lainnya, seperti panas, berangin, berair, dan getaran.

Sensasi panas dan berangin disimulasikan dengan menggunakan micro-heaters dan pendingin.

Baca Juga : Augmented Reality pada Anak, Ketahui Sebelum Terlambat

Sementara itu, ultrasonic ionizing system dan force-feedback haptic motors digunakan untuk memberikan efek air atau gerimis pada game.

Dibutuhkan sebuah magnet yang dikoneksikan ke headset via Bluetooth atau Wi-Fi untuk menempatkan VR Headset pada masker.

Selain perangkat Samsung Gear VR dan Oculus Rift, ada beberapa alat yang mendukung pemasangan masker FeelReal ini seperti Oculus Go, HTC Vive, dan PlayStation VR. Namun masih belum jelas diketahui kapan Feelreal akan meluncurkan perangkat tersebut.

Namun, jika kamu berminat dengan Teknologi VR, kita dapat mengunjungi situs web MonsterAR di Indonesia dengan mendaftarkan email-mu untuk mendapat pembaruan dan bahkan diskon untuk pemesanan awal.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *