Tips & Trik Supaya Baterai Headset VR Optimal dan Tetap Awet

Anda tahu headset Oculus Quest? yaa headset VR yang laris ini sangat menguras baterai nya alias boros. Gimana caranya agar terhindar dari kehabisan baterai saat kita menggunakannya di tengah permainan? Berikut tips & trick supaya baterai headset VR tetap awet dan tahan lama.

Matikan Mode Otomatis

Sistem ini memang memudahkan, tetapi Anda harus ingat bila mode ini diaktifkan maka headset VR akan dalam posisi standby atau hidup dan pastinya menguras baterai. Sensor pada alat ini cukup sensitif dan mudah diaktifkan secara tidak sengaja, jadi Anda harus lebih berhati-hati. Bila diaktifkan ini yang membuat baterai Anda cepat habis.

Nyalakan Mode Tidur (Sleep) Otomatis

Auto sleep ini memudahkan menghemat baterai Quest Anda. Atur dalam menit yang rendah di bawah 3 menit. Mode ini memudahkan Anda yang memiliki sifat pelupa. Aturlah pengaturannya sesuai kebutuhan Anda.

Cas, Cas, Cas Teruss

Selalu sempatkan untuk cas baterai headset Anda setiap kali tidak digunakan untuk menjaganya tetap penuh. Sepintas, ini terdengar berlebihan. Tetapi perlu di ingat bahwa perangkat ini dilengkapi dengan mode sensor yang canggih sehingga tidak perlu khawatir baterai headset Anda akan rusak atau ngedrop apabila di cas terus menerus.

Matikan Wi-Fi

mematikan Wi-Fi berpotensi mempertahankan daya hidup baterai Anda sedikit lebih lama. Jika Anda tidak berencana menggunakan Internet, Anda bisa mematikan Wi-Fi selama sesi VR offline Anda. Mematikan Wi-Fi juga akan memastikan Anda menghemat baterai sebanyak mungkin. Perlu diketahui bahwa selain akan menghemat baterai, mematikan Wi-Fi juga berarti Quest tidak dapat mengunduh pembaruan dan menginstalnya secara otomatis di latar belakang.

Baca juga: 10 Cara AR Tingkatkan Brand Image dan Angka Penjualan Produk Anda

Masuki Mode Standby Sesegera Mungkin

Mode Sleep ini akan diam untuk jangka waktu tertentu sebelum masuk ke mode siaga. Selain mode sleep, untuk menghemat baterai sebanyak mungkin, biasakan menekan tombol daya kanan segera setelah melepas headset Anda. Ini memastikan Quest Anda langsung masuk ke mode standby dan tidak membuang masa pakai baterai sedikit pun.

Matikan Ketika Tidak Digunakan

Dengan cara yang sama untuk mematikan Wi-Fi, jika Anda tahu Anda tidak akan menggunakan Quest untuk sementara waktu dan ingin menghemat baterai sebanyak mungkin di antara pengisian daya, matikan Quest sepenuhnya. Anda dapat melakukan ini dengan menahan tombol daya di sebelah kanan headset dan memilih Shut Down, yang akan mematikan Quest dengan benar daripada beralih ke mode siaga.

Itulah beberapa tips dan trik untuk menghemat baterai headset VR Anda supaya bisa lebih puas dalam menikmati selancar di dunia VR. Semoga bermanfaat ^_^.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *