Rekreasi Tour VR Epic di Sistine Chapel Kini Bisa Kamu Nikmati Secara Gratis

Pengelola gereja Sistine di kota Vatikan memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) untuk mengajak siapa pun menikmati maha karya seniman kenamaan Italia Michelangelo melalui tour VR di sistine chapel secara cuma-cuma via Steam.

Ciptaan Michelangelo tersebut terdapat di plafon gereja Sistine. Michelangelo melukis Penciptaan Adam beserta ratusan karya lain yang kemudian membentuk mural yang menceritakan syair kepahlawanan. Lukisannya menjadi landasan karya seni zaman Renaissance. Anda kini bisa melihat secara dekat karya-karya tersebut melalui Steam berikut penjelasan audio untuk ciptaan tersebut dengan durasi satu jam.

Tour VR sistine chapel
image source: roadtovr

IL DIVINO: Michelangelo’s Sistine Ceiling in VR bisa kalian akses melalui headset VR dan layar datar. Direktur Animasi Teknis Epic Games Chris Evans mencetuskan ide ini yang sekaligus menandai puncak kecintaannya terhadap karya tersebut selama 15 tahun. Juru bicara proyek tersebut mengatakan Evans ingin membuka akses keindahan dan sejarah plafon gereja Sistine ke semua orang.

Baca juga: Peran Penting VR Dalam Menjadikan “John Wick 3” Masterpiece! Dan Laris Manis

Teknologi VR memperinci setiap inci persegi dari gereja Sistine. Inovasi ini membuat pengguna bisa memahami sejarah lukisan tersebut melalui audio selama satu jam. Penjelasan tersebut mengandung komentar mengenai tema lukisan secara keseluruhan, tiap potongan dan bahkan bahan bangunan yang Michelangelo rancang untuk mempermudahnya menggambar di plafon tersebut. Penonton dapat memperoleh sudut pandang yang lebih hidup dengan menaiki lift virtual guna melihat karya tersebut secara lebih dekat.

Juru bicara proyek ini menambahkan Michelangelo’s Sistine Ceiling in VR terdiri dari beberapa peta tekstur 90 4K yang berasal dari foto beresolusi tinggi. Penonton dapat mengetahui hingga detil setiap goresan kuas dan plester yang pecah.

Tim di balik proyek ini telah memperinci beberapa pekerjaan teknis dalam lukisan tersebut, yang mencakup tantangan memperbaiki dan memproyeksikan kembali peta tekstur ke dalam geometri 3D dengan detil tinggi dan memperbaiki warna pada peta yang diambil dari sumber gambar yang berbeda-beda.  

Masih dari juru bicara yang sama, Evans berencana memperbaharui Michelangelo’s Sistine Ceiling in VR di waktu mendatang. Ia juga berencana membawa proyek ini ke dalam platform VR lainnya sehingga rekreasi tour VR di sistine chapel ini bisa menyajikan pengalaman yang lebih mendalam.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *