Mengenal Vending Machine Secara Lebih Dekat

Vending Machine

Augmentedrealityindonesia – Vending machine (VM) atau kalau dalam istilah bahasa indonesia-nya mesin jual otomatis. Seperti namanya, merupakan mesin yang bisa menjual barang-barang secara otomatis dan tidak memerlukan tenaga manusia untuk melayani para pelanggannya. Cara untuk bisa mendapatkan barang dari dalam mesin tersebut ada berbagai macam, mulai dari dengan uang tunai baik itu uang koin atau uang kertas, dengan kartu, dan bahkan bisa menggunakan barcode.

Untuk masing-masing jenis pembayaran mesin ini memiliki mekanisme cara identifikasinya masing-masing, untuk pembayaran uang koin dengan cara identifikasi ukuran diameter, berat dan ketebalan uang koin, untuk pembayaran uang kertas menggunakan sesuatu sejenis roller untuk menarik uang tersebut sekaligus identifikasi permukaan uang kertas, untuk pembayaran dengan kartu pada dasarnya sama seperti dengan mesin ATM, dan sementara untuk pembayaran degan barcode menggunakan scanner untuk identifikasi barcode.

Sejarah Vending Machine

Vending machine merupakan karya Heron yang berasal dari Alexandria yang merupakan insinyur matematika pada abad pertama. VM modern pertama yang diperkenalkan adalah menis penjual kartu pos yang berlokasi di London sekitar tahun 1880, setelah itu disusul oleh Amerika Serikat tepatnya berlokasi di New York dengan produk permen karetnya di tahun 1888. Awal mula terciptanya mesin slot dan mesin pinball berakar pada perangkat ini, alasan ditambahkannya permainan tersebut adalah untuk meningkatkan intensivitas pembeli.

 


Vendor Augmented Reality & Virtual Reality Terbaik Di Jakarta untuk Bisnis Anda

Hubungi Kami Sekarang: +628568687188

Email: info@monsterar.net


Masuk ke beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Kemudian, VM mulai berkembang ke beberapa negara lainnya. Di antaranya adalah Amerika dan Jepang. Negara-negara inilah yang kemudian terus mengembangkan VM untuk menjual aneka barang-barang unik lain seperti permen, roti isi, kebutuhan rumah tangga, es, atau sandwich, dan lain sebagainya.

Mesin berbentuk kotak ini baru muncul pertama kali di Indonesia menjelang akhir 1990-an, tepatnya sekitar tahun 1996, meski sebenarnya VM sudah sangat terkenal di kalangan bangsa Eropa sejak beberapa ratus tahun sebelumnya.


Baca juga: Vending Machine Salad, Vending Machine Sehat Dari Farmer’s Fridge


Jenis-jenis Vending Machine

1. Vending Machine Pizza

vending machine

Hanya menunggu kira-kira 2 menit,tanpa harus antri ,Pizza sudah siap saji

2. Vending Machine Buku

vending machine

Bagi anda yang suka membaca atau inigin menambah koleksi buku anda, Anda bisa membeli pada VM ini.

3. Vending Machine Payung

vending machine

Menyediakan Payung,jika kita pergi di musim hujan,dan lupa membawa paying,bisa beli di VM ini.

4. Vending Machine Kacamata

VM

Ketika kamu lupa membawa kacamata saat pergi bepergian ke luar negeri atau kehilangan saat menaruh di tempat wisata, tenang saja bisa di beli disini kacamatanya lagi.

5. Vending Machine Emas

vending machine

Di Emirates Palace Hotel di Dubai ada satu VM yang menjual emas batangan, unik bukan?

Vending Machine di Indonesia

Kalau ditanya Negara mana yang paling inovatif dalam industry VM ini, jawabannya adalah negara Jepang, Jepang menyediakan mesin yang dapat menjual buah dan sayuran segar, sake, makanan panas, batre, bunga, pakaian, dan juga tentunya sushi. Terus bagaimana dengan VM di Indonesia? Terhitung mulai dari tahun 2016 kemarin KFC mulai menggunakan mesin ini untuk pengambilan hadiah CD music sebagai bonus dari pembelian paket tertentu di beberapa cabangnya yang berlokasi di Kemang, Bekasi dan Ciracas, dan tentunya itu hasil produk dari MonsterAR sepenuhnya. Tentu bukan sekedar VM biasa, melainkan mesin yang menggunakan mekanisme scan barcode dalam penggunaannya, selain itu memiliki fiture touch screen juga dengan animasi tersendiri. Walaupun Indonesia tidak memiliki sejarah panjang dalam perkembangan industry VM, tetapi untuk saat ini kualitas dan teknologi mesin jual otomatis yang dihasilkan tidak kalah dari Negara-negara lainnya, hebat kan?

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *