Peneliti Temukan Bahwa VR Bakar Kalori Lebih Banyak di Banding Sex

Virtual Reality (VR) saat ini sedang populer karena memberikan pengalaman yang berbeda bagi para penggunanya. Teknologi yang mengajak kita untuk masuk kedalam dunia virtual ini memberikan berbagai manfaat, salah satunya adalah sebagai media hiburan seperti bermain game. Namun, tak hanya sekadar bermain game biasa pada umumnya, Anda bisa berolahraga sambil menikmati permainan yang sudah disediakan pada VR tersebut. Oleh karena itu, VR mampu bakar kalori yang ada di tubuh Anda.

Bagaimana bisa VR mampu membakar kalori? Mungkin ini pertanyaan yang muncul di benak Anda. Hal ini telah diteliti oleh para peneliti dan mereka menemukan bahwa orang-orang yang memainkan salah satu game VR yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, yaitu Audio Trip , bisa membakar 3,47x lebih banyak kalori daripada seks yang hanya membakar 2 kali lebih banyak kalori. 

Image Source : vrroom

Audio Trip dikembangkan oleh Kinemotik Studios, merupakan gim VR yang terlihat mirip dengan gim seperti Beat Saber atau BoxVR, yang berbeda dari Audio Trip adalah fitur gameplay sangat berbeda yang dimilikinya. Sementara Beat Saber berfokus pada ayunan lengan yang lebar dan BoxVR lebih fokus pada kebugaran, Audio Trip membuat Anda menggerakkan tubuh bagian atas dan bawah dengan cara yang menyerupai tarian bebas, atau kelas Zumba yang intens. Itu dikarenakan permainan tersebut dikoreografikan oleh Ashley Cooper, yang merupakan seorang mantan penari profesional dan pendiri Kinemotik.

Baca juga: 5 Contoh Pemanfaatan Teknologi di Bidang Kesehatan, Mulai Dari Terapi Hingga Perawatan Kanker

vr bakar kalori di tubuh
Image Source : googame

Cara game VR ini dalam membantu bakar kalori adalah dengan memberikan pengalaman hiperaktif yang luar biasa serta mengharuskan Anda untuk menggunakan tangan dengan mengikuti dan menyentuh jalur penanda virtual yang datang ke arah Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih soundtrack kesukaan. Nantinya harus mengayunkan lengan Anda seperti memukul benda seperti drum dengan mengikuti penanda yang muncul. Anda juga harus bergerak dari sisi ke sisi dan berjongkok pada titik-titik tertentu, sambil memastikan tangan Anda mengenai penanda dan drum tersebut.

Selain itu, terdapat juga jalur cahaya yang dapat membantu Anda menjaga gerakan tangan supaya tetap mengalir ke atas dan ke bawah dan bahkan berputar ke berbagai arah. Gerakan inilah yang memberi Anda pengalaman dan sensasi menari. Sementara itu, kaki Anda mendapatkan latihan yang luar biasa karena berjongkok dan berjalan bolak-balik untuk menjaga agar tangan Anda tepat sasaran. Hal inilah yang memberikan Anda pengalaman latihan kardiovaskular selama bermain game virtual dan benar-benar membuat Anda menari di dunia nyata. Audio Trip sendiri dikabarkan akan tersedia pada akhir Oktober untuk semua headset VR PC.

 

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *