VR Media Pengajaran Efektif, Optimalkan & Pertajam Kecepatan Belajar Siswa

ARIndo – Penerapan teknologi VR sebagai media pengajaran kini sudah memasuki sekolah dan berbagai instansi pendidikan. Perusahaan teknologi multinasional Lenovo baru-baru ini mengumumkan beberapa pembaruan yang mengubah permainan pada platform pendidikan VR-nya yang dirancang untuk membantu sekolah dalam membuat kurikulum pembelajaran campuran menggunakan headset Lenovo VR Classroom 2.

Sekolah yang berpartisipasi akan memiliki akses ke rangkaian perangkat lunak pembelajaran jarak jauh yang bertujuan untuk menjaga siswa tetap terhubung dengan guru serta satu sama lain. Pembaruan ini juga akan membahas kekhawatiran tentang keamanan siber & keselamatan siswa, memberi instruktur alat untuk manajemen kelas jarak jauh, dan menawarkan sejumlah besar sumber daya instruksional.

Guru akan memiliki alat untuk meningkatkan pengalaman belajar baik di kelas fisik maupun virtual.

Lenovo VR Classroom 2 adalah headset VR yang menampilkan bidang pandang 110 °, prosesor Qualcomm 835 SOC, dan penyimpanan hingga 256GB. Tidak sebanding dengan perangkat mandiri lainnya, seperti Oculus Quest, Classroom 2 masih mampu memberikan pengalaman pendidikan yang menarik yang sempurna untuk ruang kelas.

Headset ini memiliki desain ringan sederhana yang terdiri dari bagian-bagian yang dapat dibersihkan, sehingga mudah dibersihkan antar pengguna. Memiliki satu pengontrol membuat belajar bagaimana berinteraksi dengan dunia jauh lebih mudah.

Studi menunjukkan bahwa pembelajaran melalui VR versus cara tradisional menghasilkan tingkat retensi dan peningkatan kinerja yang jauh lebih tinggi. Manfaat pembelajaran VR dengan solusi seperti Lenovo VR Classroom 2 adalah kemampuan untuk melibatkan siswa dan tenggelam dalam subjek dan skenario yang berada di luar kertas atau layar.

Karyawisata virtual memiliki kemampuan untuk melibatkan siswa dan memperluas pandangan dunia mereka. Misalnya, bagaimana VR dapat menempatkan Anda dalam situasi yang tidak mungkin dibuat ulang di ruang kelas tradisional, seperti berdiri di samping jaguar di hutan hujan Amazon atau berada di dalam daun dan menyaksikan tahapan fotosintesis.

Dalam situasi saat ini, di mana anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk karyawisata, atau belajar di rumah dan berpotensi sangat terganggu, digital imersif dapat menawarkan banyak nilai bagi siswa dan guru mereka.

Tentu saja, memindahkan ruang kelas ke lingkungan virtual menghadirkan kekhawatiran baru. Salah satu yang terbesar adalah bagaimana Anda menyimpan informasi siswa dengan aman? Dengan siswa yang sudah menggunakan produk seperti Google Kelas dan alat online lainnya, mereka menemukan diri mereka diserang oleh botnet, malware, phishing, serta konten berbahaya di internet yang ditujukan kepada siswa.

Menjaga keamanan siswa dengan cara yang sesuai dengan Children’s Internet Protection Act penting bagi Lenovo. Hasilnya, perusahaan teknologi telah bermitra dengan beberapa pengembang perangkat lunak terbaik di kelasnya untuk meningkatkan keselamatan siswa.

Baca juga: Augmented Reality Media Pemasaran Efektif dan Efisien, Pasti Raup Untung!

Melalui kemitraan dengan DNS Filter dan Bark, Lenovo LanSchool menawarkan solusi yang sangat efektif dan terjangkau untuk melindungi siswa. Pengajar dapat mengelola pengalaman VR yang akan dialami siswa.

Untuk membantu mengajar mengelola ruang kelas, Lenovo telah bermitra dengan LanSchool Air untuk memberikan alat kepada pengajar untuk mengelola dan mengontrol semua VR untuk media pengajaran dari satu sumber, untuk berjaga-jaga jika beberapa siswa memutuskan untuk menjelajah ke YouTube VR.

Lenovo juga telah mengemas solusi ruang kelas VR mereka dengan aplikasi yang telah diinstal sebelumnya yang dirancang untuk meluncurkan siswa di luar batas meja mereka dan ke lingkungan belajar yang lebih imersif:

  • Veative Limited dikembangkan secara khusus untuk Lenovo VR Classroom 2, dan memiliki 40 modul VR termasuk sains, matematika, dan tur virtual. Anda juga memiliki opsi untuk meningkatkan ke perpustakaan lengkap Veative Lab yang terdiri dari 550 kursus STEM interaktif baik di komputer Lenovo atau di VR Classroom 2.
  • VICTAR VR adalah platform yang dirancang untuk melibatkan pelajar muda melalui lingkungan VR interaktif yang mengatur eksplorasi perencanaan karir.
  • Wild Immersion adalah suaka margasatwa virtual pertama di dunia yang menampilkan hewan di habitat aslinya melalui berbagai pengalaman 360 ° yang imersif. Mahasiswa mampu bekerja secara mandiri dan mengakses pengalaman hewan yang menarik serta memahami tantangan pelestarian alam.
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *