Studi Kasus: Inggris Gunakan VR Untuk Tingkatkan Keselamatan Kerja

Tidak hanya untuk bermain game dan media hiburan saja, namun kini penggunaan teknologi VR juga dapat tingkatkan keselamatan kerja untuk bisnis dalam berbagai industeri, termasuk dengan bisnis Anda.

Saat ini, Inggris sedang dalam proses mengembangkan jalur kereta HS2 berkecepatan tinggi yang ramah lingkungan. Jalur Kereta ini akan melewati 25 stasiun di London, Birmingham, Manchester, dan Leeds, menghubungkan 30 juta orang, sekaligus menghasilkan 500.000 pekerjaan baru. Setelah selesai, HS2 akan mewakili proyek lingkungan terbesar di negara tersebut, menawarkan bentuk transportasi alternatif dengan emisi karbon 17x lebih sedikit dibandingkan dengan transportasi konvensional.

Mark Thurston, CEO HS2 Ltd. mengatakan bahwa ambisinya adalah merancang dan membangun rel kereta api berkecepatan tinggi yang berkelanjutan, sehingga bisa berperan dalam membantu Inggris untuk mengatasi perubahan iklim, meningkatkan kualitas udara, dan mencapai emisi karbon nol persen pada tahun 2050.

Selain itu, proyek ini juga ditujukan untuk melindungi lingkungan alam supaya habitat satwa liar tetap terjaga dengan baik. Pengembang program ini bekerja sama dengan konsultan ekologi paling berpengalaman dan terkemuka di Inggris.

Tentu saja, jalur rel ramah lingkungan ini akan membutuhkan konstruksi yang serius. Untuk membantu pelatihan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan ambisius ini, Align JV telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi terkemuka di Inggris dan meluncurkan simulator VR yang menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi pekerja proyek ini. Setelah seorang karyawan menyelesaikan pelatihan aman dari COVID-19 selama 30 menit, simulator kemudian membuat laporan digital untuk menganalisis kinerja secara keseluruhan.

Baca juga: Pelatihan Kedokteran Efektif dan Hemat Biaya Dengan Virtual Reality

Penggunaan VR untuk tingkatkan keselamatan kerja ini menyasar keselamatan semua aspek di lingkungan kerja. Pelatihan simulator ini tidak hanya menarik, aman dan hemat biaya saja, tetapi juga memberikan keterampilan yang lebih baik bagi peserta pelatihan, sekaligus mengurangi potensi kecelakaan dan kematian.

Pandemi COVID-19 jelas sangat menghambat pembangunan jalur kereta ini, namun berkat kehadiran simulator yang dilengkapi teknologi VR, menjadikan pelatihan lebih mudah karena dapat di lakukan dari manapun tanpa harus meninggalkan rumah yang aman dan nyaman, sehingga menjadikan pelatihan lebih efektif, aman dan hemat biaya.

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *