5 Kasus Penggunaan VR Dalam Dunia Kesehatan Modern

Orang-orang mengenal teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media hiburan, media sosial, atau menonton video 360. Padahal, penggunaannya telah berkembang untuk sektor yang lebih bermanfaat termasuk penerapan teknologi VR untuk dunia kesehatan modern.

Tidak hanya satu, tetapi ada banyak kasus penggunaannya dengan berbagai cara yang kreatif. Berikut, 5 contoh penggunaan teknologi VR untuk perawatan kesehatan modern hingga saat ini.

1. Membantu Dalam Proses Rehabilitasi

Bagi mereka yang sedang dalam proses rehabilitasi fisik, VR dapat membantu dalam pemulihan dengan mempraktikkan gerakan dan peregangan fisik tertentu yang mungkin sulit dilakukan secara akurat tanpa bantuan orang lain. Pasien rehabilitasi kerap memiliki ketakutan melakukan gerakan yang salah dan berlebihan. VR dapat membantu memandu gerakan fisik yang tepat dan aman untuk dilakukan selama proses pemulihan.

2. Membantu Dalam Pembedahan

Bukan rahasia lagi bahwa operasi yang rumit membutuhkan waktu dan banyak persiapan serta pengaturan sebelum dilakukan tindakan. Dengan menggunakan berbagai solusi VR, dokter dan profesional perawatan kesehatan dapat mengakses CT scan, MRI scan, dan data medis penting lainnya dari dalam ruang 3D, menawarkan mereka tingkat wawasan yang benar-benar baru.

3. Mendeteksi Masalah Penglihatan

Kasus penggunaan VR dalam bidang kedokteran yang paling jelas adalah untuk mengidentifikasi potensi masalah penglihatan, karena notabenennya penggunaan VR sudah pasti melibatkan penglihatan. Penggunaannya berkisar dari tes penglihatan dasar hingga mengidentifikasi tanda-tanda gegar otak.

Eye-Sync adalah salah satu contoh VR untuk perawatan kesehatan mata, dan telah memenangkan penghargaan dari FDA. Artinya, VR dapat menjadi solusi, dan solusi berarti peluang bisnis.

vr untuk kesehatan

Baca juga: Virtual Reality Media Pelatihan Ahli Bedah Terbaik Saat Pandemi

4. Membantu Pemulihan Cedera Mental

Teknologi VR dapat membantu orang yang menderita masalah saraf, seperti mereka yang menderita cedera stroke hingga penyakit parkinson. Melalui VR, penderita dapat berlatih, memulihkan diri, dan melatih kembali pikiran mereka. Solusi yang sama juga terbukti efektif dalam membantu meredakan ketidaknyamanan setelah di amputasi.

5. Sebagai Rekam Medis Tambahan

Dengan menggunakan headset VR, profesional perawatan kesehatan dapat menelusuri dan mengakses catatan medis pasien melalui layanan elektronik, yang membuatnya sangat mudah untuk ditarik dan dilihat kapan saja dan membantu menjaga kerahasiaan dan keamanan data. Rekaman digital ini bahkan telah digunakan dalam percakapan antara dokter dan pasien untuk membantu meminimalkan hambatan antara dokter dan pasien saat berbicara.

Sebagian besar, hal ini telah dicapai dengan menggunakan layanan Google Glass dan layanan AR serupa, tetapi teknik komunikasi ini akan segera menuju ke dunia VR.

Kesimpulan

Terdapat banyak manfaat luar biasa yang bisa diberikan VR bagi industri kesehatan modern. Tentu tidak akan berhenti sampai di sini saja. Dengan terus berkembangnya teknologi dan hadirnya 5G, akan menjadikan AR dan VR semakin cepat, mudah di akses, dan tanpa batas.

, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *