Teknologi VR Efektif Untuk Melatih Refleks dan Kordinasi Gerak Tubuh

Di Oculus Store, terdapat beragam aplikasi VR yang berfokus pada kebugaran dengan fitur yang lengkap, mulai dari simulator tinju hingga game ritme intensif untuk latihan kardio. Teknologi VR ini memungkinkan semua orang, baik yang sudah terlatih atau belum untuk berolahraga di rumah. Belum banyak orang tahu, ternyata kita dapat menggunakan VR untuk melatih refleks juga lho.

REAKT Performance Trainer menawarkan sistem keterampilan mental virtual yang dirancang untuk meningkatkan kinerja Anda di berbagai olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Menurut pengembang, REAKT menggunakan kombinasi konsentrasi visual dan kesadaran atletik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengambilan keputusan, koordinasi tangan-mata, serta kecepatan dalam bereaksi.

Metode permainan yang disajikan yaitu memblokir serangkaian bola yang semakin lama semakin cepat sambil menghindari serangkaian bom yang mematikan. Pada setiap sesinya, kecepata bola tersebut akan semakin cepat sehingga menghasilkan medan permainan yang semakin tidak teratur.

Terdapat tiga mode permainan utama dalam REAKT, yaitu Custom Training, Competition, dan Recommended Training. Setelah Anda menyelesaikan berbagai pelatihannya, aplikasi akan menganalisis kinerja Anda dan memberikan uraian lengkap mengenai kekuatan dan kelemahan Anda. Analisis itu termasuk seberapa lama bertahan, waktu reaksi, dan koordinasi.

Baca juga: Virtual Reality Jadikan Pelatihan Anatomi Tubuh Efektif dan Hemat Biaya

Aplikasi ini juga menawarkan penyesuaian game khusus untuk berbagai jenis olahraga, seperti tinju, esports, bulu tangkis, tenis, fitness, menyelam, bersepeda, rugby, ice hockey, dayung, dam polo air. Menurut pengembang, ide di balik REAKT adalah untuk memberikan akses kepada semua orang untuk menggunakan teknologi pelatihan olahraga yang biasanya hanya disediakan untuk atlet profesional.

Perusahaan pengembang mengatakan bahwa REAKT merupakan evolusi alat latihan fisik. REAKT bisa dikatakan semacam papan reaksi atau alat kelincahan elektronik yang sering digunakan dalam olahraga. Belum lagi, VR bisa digunakan untuk semua kalangan, tidak hanya profesional.

Beberapa orang yang sudah mencoba REAKT mengatakan bahwa game VR ini sangat membantu untuk melatih refleks. Meskipun hanya menghabiskan sedikit waktu dengan aplikasi, sudah terdapat peningkatan kecil dan bertahap terhadap kecepatan dalam bereaksi.

VR memang sudah terbukti memiliki manfaat luar biasa sebagai media pelatihan, bahkan untuk pelatihan di bidang pekerjaan berbahaya seperti pemadam kebakaran dan petugas di ruang kendali Pembangkit Tenaga Nuklir.

, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *