8th Wall Luncurkan WebAR Berbasis Cloud Sebagai Platform Hosting dan Authoring

Hosting merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data-data pada sebuah website. Dengan menggunakan layanan ini, maka informasi yang tercantum pada website tersebut dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Seiring berkembangnya teknologi, terlahirlah WebAR berbasis cloud hosting yang memungkinkan kita untuk menyimpan data-data pada sebuah server virtual yang ada dalam internet.

Layanan ini sudah tidak menggunakan ruang penyimpanan fisik (hardware) seperti web hosting tradisional. Di tambah dengan semakin banyaknya pengembangan Augmented Reality (AR), memunculkan sebuah inovasi yang menghadirkan WebAR berbasis cloud untuk memenuhi kebutuhan para pengembang AR akan platform hosting dan authoring yang powerful dan bisa di andalkan.

8th Wall WebAR

8th Wall, sebuah perusahaan yang berbasis di Palo Alto telah merilis platform hosting dan authoring berbasis cloud yang bertujuan untuk memudahkan pengembang AR dengan menyediakan platform hosting, atau biasa disebut sebagai “unified in-browser solution” untuk membuat dan menghosting pengalaman WebAR.

Didirikan di tahun 2016 oleh mantan insinyur Google dan Facebook, 8th Wall memberi penekanan besar pada visi komputer, pembelajaran mesin, dan pengembangan produk. Selama tiga tahun keberadaannya, 8th Wall telah memunculkan resume yang cukup mengesankan yang memberi daya pada aktivasi WebAR untuk Sony’s Spider-Man, Miller Lite, British Gas, Heineken, Porsche, Swiss Airlines, Time Magazine, Red Bull, LEGO, dan Ally + MONOPOLY.

webar berbasis cloud
Image Source : medium

Seperti semua aplikasi WebAR yang ditenagai oleh perangkat lunak, pengguna tidak perlu unduhan aplikasi pada perangkat seluler, mereka bisa mendapat akses cepat untuk melihat fitur AR di ponsel melalui webAR berbasis cloud.

Baca juga: Benarkah VR Berbahaya Bagi Anak? Inilah Penjelasan dan Analisanya

WebAR memiliki kemampuan untuk menjangkau hampir dua kali lebih banyak smartphone dibandingkan aplikasi AR pada umumnya, dengan pasar global lebih dari 2,97 miliar perangkat yang kompatibel. Dan menurut data Wall 8, 50% pengguna menghabiskan lebih dari dua menit berinteraksi dalam satu aktivasi WebAR.

webar berbasis cloud
Image Source : medium

Platform authoring dan hosting dari 8th Wall ini adalah solusi bagi para pengembang dan pemasar produk yang memungkinkan mereka untuk menyajikan pengalaman AR melalui browser kepada target audiens.

WebAR memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu berbagai perusahaan memasarkan produknya. Diperkirakan, berbagai website yang sudah ada di dunia akan beralih menggunakan WebAR dimasa yang akan datang. 

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *