Google Chrome Terbaru Berikanmu Pengalaman WebVR yang Lebih Powerful

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang mengajak pengguna untuk masuk kedalam dunia virtual. Teknologi ini sukses menarik minat publik untuk mengenakan perangkat VR dan menikmati berbagai konten menarik yang disajikannya. Oleh karena itu, para pengembang berlomba-lomba untuk mengembangkan VR menjadi lebih baik lagi. Termasuk Google Chrome dengan pengalaman WebVR nya yang kini semakin powerful. Namun, Apakah Anda tahu apa itu WebVR?

WebVR

WebVR adalah teknologi bersifat open-source yang memungkinkan pengguna untuk mengakses pengalaman VR langsung dari web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge. 

Platform ini dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengguna browser dengan menyajikan konten-konten VR tanpa mewajibkan untuk memiliki headset VR atau melakukan proses download tertentu. Tujuannya adalah untuk memudahkan setiap orang dalam menikmati pengalaman VR tanpa harus memiliki perangkat khusus.

webvr google chrome tampilan menu
Image Source : roadtovrlive

Tentu saja WebVR menjadi pilihan terbaik dan paling mudah diakses bagi pengguna internet untuk menjelajahi dunia virtual secara murah meriah. Hal yang paling umum yang bisa Anda dapatkan adalah bisa menikmati foto dan video dalam mode 360 derajat.

Para pengembang menggunakan WebVR untuk menyajikan konten berupa foto dan video yang menakjubkan dengan resolusi yang besar dan seakan-akan menempatkanmu berada di dalamnya. Sejauh ini sudah ada banyak situs, aplikasi, game, dan browser seperti google chrome yang sudah didukung dengan WebVR.

Baca juga: Pengalaman VR Sepenuhnya dan Tak Terlupakan di VR Zone Shinjuku. Indonesia harus punya ini!!

Oleh karena itu Google meluncurkan versi beta untuk Chrome 79 dan melakukan pembaruan dengan fitur “Tab Freezing” yang berfungsi untuk menangguhkan semua tab tidak aktif yang berjalan di latar belakang selama lebih dari 5 menit.

webvr google chrome
Image Source : androidpolice

Fungsi tambahan lainnya adalah “Share Clipboard” yang memungkinkan pengguna untuk menyorot dan mengirim teks dari peramban langsung ke perangkat seluler pengguna. Namun, penambahan baru yang paling menarik adalah dalam bentuk peningkatan dukungan untuk konten VR berbasis web.

Dengan menggunakan WebXR Device API, pengembang dapat membuat konten imersif yang jauh lebih kuat yang dapat berinteraksi dengan pengguna yang menggunakan pengontrol gerak mereka berkat GamePad API. Mereka juga dapat mencerminkan pengalaman menggunakan VR in-headset ke tampilan lain.

Dukungan WebVR terbaru oleh Google akan memberikan pengalaman VR yang lebih baik lagi, dan akan menjangkau browser berbasis Chromium, termasuk Browser Oculus, Microsoft Edge, Magic Leap’s Helio, dan Firefox Reality. Yang pada akhirnya, di masa depan Google berencana untuk memperluas platform berbasis web untuk memasukkan konten AR.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *