XR Portal Sebagai Perpustakaan Digital

XR Portal dibuat oleh pusat inovasi teknologi digital yaitu Digital Catapult and Arts Council England menghadirkan CreativeXR, sebuah program yang bertujuan mendukung pengembangan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Mereka dapat membuat dan mengembangkan teknologi XR karena berhasil mendapatkan invetasi yang cukup besar, mereka terpilih juga untuk mendapatkan akses dari pemimpin industri, serta jaringan Digital Catapult di seluruh dunia dan berpeluang untuk terus mencari pendanaan pada pengembangan berikutnya.

CreativeXR menargetkan pengguna pada karya seni, meseum gallery, perpustakaan, pengalaman seperti pustakawan, dan bentuk hiburan baru interaktif lainnya seperti cerita fiksi dan non-fiksi. Teknologi immersive seperti XR menawarkan banyak peluang konten baru untuk berani mencoba eksperimen dalam menciptakan pengalaman menarik.

Mengenal XR Portal Sebagai Perpustakaan Bagi Dunia Pendidikan

Saat teknologi reality virtual atau biasa disebut AR masuk kedalam teknologi yang kini terus berkembang di dunia. Dimana setelah industri video game telah dimasuki oleh teknologi VR dengan hadirnya game – game keren, serta game konsol seperti Playstation 4 VR.

Kebutuhan semakin besar untuk meningkatkan kemudahan pada dunia pendidikan sedang dibuat dan dikembangkan. Untuk itu pengusaha ahli strategi XR, Maryam Sabour telah merilis konten untuk perpustakaan dan diberi nama XR portal.

“Saya telah melihat pertumbuhan skala di pertemuan Bay Area, lebih dari 1800 anggota dan terlibat dalam percakapan. Dan membicarakan bagaimana cara XR merevolusi industri di luar dunia video games, dengan teknologi virtual reality”, tutur Alexander Haque salah satu pendiri dari NonGamingXR. Dan dikatakan lagi oleh Alexander Haque bahwa nilai dari XR sebenarnya terletak pada kemampuan konten yang istimewa, seperti menjelajahi pendidikan, olahraga, perawatan kesehatan dan MEA. Dan kini banyak industri XR memilki dampak cukup signifikan pada saat ini.

Baca Juga : Keyboard Virtual Reality Logitech Bridge

Diperkirakan platform sepeti XR portal ini akan mendorong industri teknologi yang khusus konten pendidikan. XR portal dapat memecahkan titik masalah bagi para peneliti, pustakawan, dan lainnya. Sebagai sumber daya online, XR portal dapat diakses melalui browser AR dan VR seperti Mozila Firefox, Google Chrome dan Daydream. Dan XR portal telah membangun mitra termasuk LumiereVR dan TechRow.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *